banner atas

Atasi Angka Pengangguran, Pemdes Sukajadi Dorong Kursus Pelaku UMKM

portalpa - Sabtu, 15 Juni 2024 | 16:34 WIB

Kades Sukajadi Kecamatan tamansari Kabupaten Bogor Ade Gunawan bersama pelaku UMKM.
Kades Sukajadi Kecamatan tamansari Kabupaten Bogor Ade Gunawan bersama pelaku UMKM.

TAMANSARI, PortalPasundan.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, terus melakukan terobosan-terobosan agar pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik kelas. Salah satu yang dilakukan adalah mendorong kursus bagi para pelaku UMKM.

Kepala Desa (Kades) Sukajadi, Ade Gunawan, menjelaskan, pemberdayaaan UMKM ini tak lain untuk menurunkan angka pengangguran yang selama ini masih menjadi pekerjaan rumah di Desa Sukajadi.

Dalam waktu dekat Pemdes Sukajadi berencana melaksanakan kursus menjahit bagi masyarakat yang memang punya keinginan ke bidang ini.

“Kalau masyarakat mau belajar, kan banyak garmen dan produksi rumahan yang butuh orang ahli jahit,” ujar Ade Gunawan, Sabtu (15/6/2024).

Ia menyebut, kursus menjahit bagi masyarakat akan dibuka pada tahun ini. “Dari Pemerintah Desa Sukajadi tahun ini ada pemberdayaan bagi masyarakat, dan kami akan menyediakan tempat pelatihan menjahitnya,” ucapnya.

Saat kursus menjahit dibuka, kata dia, masyarakat tidak usah bingung dengan biaya ataupun mesin jahitnya. Semuanya sudah disiapkan.

“Ini bebas biaya, siapa saja yang penting warga Sukajadi, mau orangtua atau remaja maupun anak-anak silakan daftar dulu ke Kantor Desa,” ucapnya.

Ia juga meminta para pelaku UMKM yang khususnya memerlukan bidang ini sebaiknya harus bisa menerima mereka bekerja.

“Kan setelah selesai kursus, mereka orang yang siap kerja, khususnya kerja menjahit,” terangnya.

Sementara, salah satu pelaku UMKM di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Wawan, mengaku kalau usaha yang digelutinya saat ini memang membutuhkan tenaga jahit. “Usaha saya membuat kerudung rumahan,” kata Wawan.

Usaha yang sudah berjalan hampir empat tahun berjalan dan telah banyak menerima orderan. Bahkan, kerudung yang ia buat banyak dikirim ke Pasar Tanah Abang, Jakarta. “Alhamdulillah kerudungnya sudah sampai ke grosir terbesar di Asia, Tanah Abang,” tandasnya.
(YS)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini