banner atas

Dikabarkan Akan Diusung PDIP di Pilgub Jawa Barat: Ini Profil dan Sepak Terjang Susi Pudjiastuti

portalpa - Kamis, 11 Juli 2024 | 14:07 WIB

susi

Jabar, Portalpasundan.com – Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dilirik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat atau Pilgub Jawa Barat 2024.

Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono, Susi merupakan figur potensial untuk diusung pada kontestasi Pilkada Jabar 2024 bersama partai politik lainnya yang bersedia.

“Kita bisa dorong partai lain eksplor lebih jauh kesiapan Bu Susi. Menurut saya Bu Susi figur-nya menarik,” kata Ono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 19 Juni 2024.

Profil dan Karier Awal Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran, Jawa Barat pada 15 Januari 1965. Susi memulai kariernya tanpa latar belakang pendidikan tinggi, namun dengan semangat wirausaha yang kuat.

Ia memulai usahanya bermodalkan Rp 750.000 di bidang perikanan di Pangandaran, Jawa Barat, dengan menjual ikan dan hasil laut lainnya. Usaha ini berkembang pesat dan menjadi cikal bakal PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang dikenal luas sebagai eksportir produk perikanan berkualitas.

Pada 2004, Susi mendirikan Susi Air untuk mengatasi masalah logistik dalam bisnis perikanannya. Ia membangun sebuah landasan dan membeli pesawat Cessna Grand Caravan atau Susi Air seharga 20 miliar. Maskapai ini kemudian berkembang menjadi salah satu maskapai penerbangan domestik terkemuka di Indonesia, khususnya untuk penerbangan perintis dan daerah terpencil.

Sepak terjang saat menjadi menteri

Berkat karier moncernya,  Susi akhirnya dipercaya Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019. Selama menjabat sebagai menteri, Susi dikenal sebagai sosok yang tegas, nyentrik, dan tentunya identik dengan slogan “Tenggelamkan!”.

Ia membuat kebijakan yang tegas untuk berantas illegal fishing atau penangkapan ikan ilegal. Di bawah kepemimpinannya, ratusan kapal asing yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal ditangkap dan ditenggelamkan sebagai tindakan tegas.

Selain itu, Susi juga menerapkan moratorium izin kapal asing untuk beroperasi di perairan Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengurangi eksploitasi berlebihan dan memastikan keberlanjutan sumber daya laut.

Namun, karier sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan hanya berlangsung di satu periode kepemimpinan Presiden Jokowi. Diberitakan Tempo pada 16 November 2019, Susi Pudjiastuti mengaku tidak bisa jauh-jauh dari kegiatan yang berhubungan dengan laut, dan lingkungan. Sehingga dia memilih aktif sebagai Ketua Pandu Laut Nusantara pasca pensiun sebagai menteri.

PDIP Mau Usung Susi Pudjiastuti di Pilgub Jawa Barat

Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Barat Ono Surono mengatakan bahwa partai-nya membuka peluang untuk mengusung Susi Pudjiastuti pada Pilkada Jawa Barat 2024. “Ada statement Bu Susi beliau apabila diminta masyarakat, beliau akan siap. PDIP akan dalami itu, apakah Bu Susi siap untuk kami usung,” kata Ono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 19 Juni 2024.

Dia menilai bahwa Susi Pudjiastuti merupakan figur potensial untuk diusung pada kontestasi Pilkada Jawa Barat 2024 bersama partai politik lainnya yang bersedia. “Kita bisa dorong partai lain eksplor lebih jauh kesiapan Bu Susi. Menurut saya Bu Susi figur-nya menarik,” kata Ono. Untuk itu, dia mengaku akan mencoba berkomunikasi langsung dengan pengusaha perikanan dan aviasi asal Pangandaran tersebut untuk maju pada Pilkada Jawa Barat 2024.

Telah tayang di nasional.tempo.co

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya