banner atas

10 Calon Kuat Gubernur Jabar di Pilkada 2024, dari Ridwan Kamil, Desy Ratnasari, hingga Deddy Mizwar

portalpa - Kamis, 11 Juli 2024 | 14:34 WIB

catur

Portalpasundan.com – Sejumlah 10 nama masuk ke dalam bursa dan calon kuat Gubernur Jawa Barat (Jabar) terkini di Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang berbarengan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada November 2024 mendatang. Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang paling menjadi sorotan karena menjadi provinsi dengan jumlah penduduk paling banyak. Sejumlah partai politik dipastikan akan menurunkan kader terbaiknya untuk bersaing dalam Pilgub Jabar 2024-2029. Nah siapa saja nama-nama calon kuat Gubernur Jabar di Pilgub Jabar 2024-2029 hingga hari ini? Simak selengkapnya.

Ridwan Kamil

Mantan Gubernur Jabar, M. Ridwan Kamil, memberikan isyarat akan kembali berlaga dalam Pilkada Jawa Barat 2024. Sosok ayah dari almarhum Emeril Kahn Mumtaz atau Eril ini menjadi kandidat yang paling menonjol saat ini.

Meskipun begitu, belum ada kepastian mengenai pendampingnya sebagai calon wakil gubernur. “Koalisi belum pasti, karena pemilihan wakil tergantung pada koalisi,” ujar Ridwan Kamil di Gedung TP PKK Jawa Barat, Kota Bandung, pada Selasa, 14 Maret 2023, seperti dilansir oleh Antara.

Uu Ruzhanul Ulum

Mantan Wakil Gubernur Jabar periode 2018-2023, Uu Ruzhanul Ulum, menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam kontestasi Pilgub Jabar 2024. Ia juga menyatakan kesiapannya jika PPP menugaskannya untuk berpasangan dengan Ketua DPW PAN Jabar, Desy Ratnasari.

“Siap dengan siapa pun jika ditugaskan. Termasuk dengan Desy, tergantung partai yang mendukung. Karena jika partai tidak mendukung, tidak ada pilihan. Jadi, saya siap dengan Desy atau siapa pun,” kata Wagub Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, di Gedung Sate Bandung, pada Senin, 8 Agustus 2022, seperti dikutip dari Antara.

Dedi Mulyadi

Politisi dari Partai Gerindra, Dedi Mulyadi, juga turut meramaikan wacana Pilgub Jabar 2024. Mantan Bupati Purwakarta dua periode ini menyatakan akan bertarung sebagai Calon Wakil Gubernur jika partai menugaskannya untuk maju sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024.

“Siap jika diperintahkan oleh Pak Sekjen, Ketua Umum Gerindra. Semua tergantung perintah. Jika diperintahkan, saya siap,” katanya melalui sambungan telepon, di Purwakarta, Jawa Barat, pada Senin, 11 September 2023, seperti dikutip dari Antara.

Iwan Bule

Mochamad Iriawan, atau yang akrab disapa Iwan Bule, juga menyatakan kesiapannya untuk maju dalam Pilgub Jabar 2024. Hal tersebut disampaikan Iwan Bule saat menghadiri munggahan Forum Kuwu Kabupaten Cirebon (FKKC) menjelang Ramadan di Hotel Dedy Jaya, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, pada Rabu, 15 Maret 2023.

Iwan Bule mengklaim telah mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak untuk maju sebagai calon Gubernur Jabar. Sejumlah alasan mendukung Iwan Bule termasuk pengalamannya yang besar di Jawa Barat, serta pengalaman sebagai Kapolda Jawa Barat dan Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Desy Ratnasari

Ketua DPW PAN Jabar, Desy Ratnasari, menyatakan kesiapannya jika ditugaskan langsung oleh PAN untuk maju dalam Pilgub Jabar 2024. “Siap melakukan tugas apapun yang diberikan partai. Saya sebagai kader harus siap,” kata Desy Ratnasari di Pasar Kosambi Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, pada Rabu, 22 Juni 2022, seperti dikutip dari Antara.

Meskipun begitu, Desy Ratnasari mengatakan belum ada pembicaraan spesifik mengenai pilgub. Saat itu, DPW PAN Jabar masih fokus pada persiapan rapat kerja daerah atau rakerda serentak.

Syaiful Huda

Ketua DPW PKB Jawa Barat (Jabar), Syaiful Huda, secara resmi mengumumkan kesiapannya untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat pada  Pilkada Serentak 2024. “Bismillah, saya siap maju dalam Pilgub Jabar 2024, sebagai calon gubernur bukan calon wakil gubernur,” kata Syaiful Huda dalam acara buka bersama (bukber) media Jawa Barat di Kantor DPW PKB Jawa Barat, Kota Bandung, pada Sabtu, 15 April 2023, seperti dikutip dari Antara.

Syaiful Huda menyatakan alasan dirinya maju dalam Pilgub Jabar, termasuk amanat dari forum Ijtima Ulama Jawa Barat di Tasikmalaya yang meminta segera mengumumkan nama kader yang akan diusung dalam Pilgub Jabar 2024. Alasan lainnya adalah peningkatan elektabilitas PKB di Jawa Barat yang terus meningkat berdasarkan survei internal mereka.

Rhesa Yogaswara

Tokoh muda dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Rhesa Yogaswara, siap maju dalam Pemilihan Gubernur Jabar pada 2024. Ketua DPW Barisan 8 Center (B8C) Jawa Barat ini menyatakan kesiapannya dengan fokus pada dukungan untuk UMKM, petani, dan nelayan.

Rhesa maju dalam bursa calon gubernur Jabar didukung oleh Ketua Umum B8C, Andrio Caesario, dan jajarannya. “Semoga Rhesa bisa membuat Jabar lebih baik dan mampu mengabdi serta berusaha yang terbaik untuk masyarakat Jabar. Kami menunjuknya untuk mewujudkan suara dan aspirasi masyarakat Jabar sebagai cagub 2024-2029,” kata Andrio, seperti dikutip dari Antara.

Dede Yusuf

Nama Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013, Dede Yusuf, juga masuk dalam beberapa survei. Saat ini, tokoh bernama lengkap Yusuf Macan Effendi itu merupakan Anggota DPR dari Partai Demokrat.

Dede mencoba maju sebagai calon gubernur Jabar pada 2013, berpasangan dengan Lex Laksamana. Namun, pasangan ini tersingkir setelah berada di posisi ketiga, di bawah Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar dan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki.

Bima Arya Sugiarto

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, juga terdaftar sebagai calon gubernur Jawa Barat. Informasi ini diumumkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN), partai yang mendukung Bima.

Meskipun begitu, Bima memilih untuk tidak berspekulasi tentang karir politiknya di masa depan. Saat ini, ia fokus untuk menyelesaikan masa jabatannya yang akan berakhir pada April 2024 mendatang.

Deddy Mizwar

Deddy Mizwar, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018, juga terdaftar sebagai calon dalam pemilihan tahun depan. Saat ini, Deddy telah menjadi anggota Partai Gelora dan menjabat sebagai Ketua Bidang Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dewan Pimpinan Nasional partai tersebut.

 

telah diposting di pikiranrakyat.com

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya