banner atas

Pemkot Bogor Pastikan Pelaksanaan PPDB 2024 Tak Ada Celah Kecurangan

portalpa - Jumat, 31 Mei 2024 | 06:24 WIB

IMG-20240531-WA0035

BOGOR, PortalPasundan.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memastikan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tak ada celah kecurangan. Pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2024-2025 di Kota Bogor secara resmi telah dimulai.

Peresmian dimulainya PPDB 2024 ini ditandai dengan penandatanganan pakta integritas yang berisi komitmen tidak adanya penyelewengan dalam pelaksanaan PPDB. Pemkot Bogor menjamin bahwa pelaksanaan tahun ini akan berjalan lancar dan transparan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, mengatakan, pihaknya menjamin pelaksanaan penerimaan siswa baru tahun ini akan berjalan lancar dan tak tentunya transparan serta tak ada kecurangan.

“Poin yang didapatkan hari ini adalah selain kick off, juga ditandatangani pakta integritas antara Kepala Dinas Pendidikan, dengan kepala dinas – kepala dinas terkait, dan juga Kepala Sekolah SD dan SMP. Untuk pelaksanaan PPDB yang bersih, obyektif, transparan, dan akuntabel,” katanya kepada wartawan usai Kick Off PPDB 2024 di halaman Plaza Balaikota Bogor, Kamis (30/5/2024).

Selain itu, kick off ini juga diisi dengan penandatanganan komitmen bersama penyelenggaraan PPDB bersih, objektif, akuntabel, bebas titipan, tanpa intervensi oleh jajaran Forkopimda Kota Bogor.

“Alhamdulillah, semuanya kita rempeg (kompak) di sini, Pak Ketua DPRD, Pak Kapolres, Pak Dandim, Bu Kajari, Pengadilan Negeri, Pak Dandenpom, semuanya mendukung upaya kita untuk kelancaran dari pelaksanaan PPDB 2024 ini,” ucapnya.

Hery Antasari menegaskan, pihaknya sudah melakukan pembaharuan terkait mekanisme pelaksanaan PPDB tahun ini. Hal itu tercantum dalam Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 13 Tahun 2024. Sehingga kesalahan dan celah praktik kecurangan pada PPDB tahun lalu bisa diminimalisir.

“Yang kita harapkan, semoga PPDB tahun 2024-2025 dapat berjalan dengan baik, lancar, tidak ada penyimpangan-penyimpangan, tidak ada praktik-praktik yang tidak perlu, dan mudah-mudahan apa yang tahun lalu perlu kita sempurnakan, tahun ini sudah jadi lebih baik. Intinya itu,” jelasnya.

Jika nantinya ditemukan sejumlah kasus kecurangan terutama terkait dengan hukum dalam pelaksanaan PPDB, kata Hery, Pemkot Bogor sendiri telah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian Polresta Bogor Kota untuk menindaklanjutinya.

“Kalau bicara hukum, Pak Kapolres siap untuk menindaklanjuti. Tapi, untuk administrasi, sesuai dengan pakta integritasnya, secara terukur, kita akan kaji dan kita akan sanksi,” pungkasnya.

Sebagaimana kita ketahui, pelaksanaan PPDB di Kota Bogor pada tahun 2023 lalu terdapat beberapa kecurangan seperti manipulasi dan pemalsuan data.
(Punk)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini