banner-atas

Polisi dan TNI Awasi Nobar Final Persib Bandung vs Madura FC, Warga Bogor Euforia

portalpa - Sabtu, 1 Juni 2024 | 04:37 WIB

IMG-20240601-WA0002

CIAWI, PortalPasundan.com – Aparat kepolisian dan TNI ikut mengawasi jalannya nonton bareng (nobar) laga final antara Persib Bandung vs Madura FC, Jumat malam (31/5/2024). Nobar dilakukan masyarakat di hampir tiap desa dan pusat-pusat keramaian di wilayah selatan Kabupaten Bogor.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan akibat nobar, Kepolisian Sektor (Polsek) Ciawi melaksanakan Patroli gabungan bersama TNI dari Koramil Ciawi beserta Satpol PP Kecamatan Ciawi.

Kapolsek Ciawi, Kompol Agus Hidayat, mengatakan, kegiatan patroli ini digelar guna mengantisipasi potensi kerusuhan yang melibatkan suporter Viking Bandung.

“Patroli sendiri kita mulai pukul 21.00 WIB, dengan mengawasinya kegiatan nobar yang dilaksanakan di setiap titik di wilayah Ciawi,” ujar Kompol Agus Hidayat.

Menurutnya, kegiatan patroli ini sengaja digelar mengingat pada leg pertama final Persib Bandung vs Madura FC beberapa waktu lalu terjadi keributan antaran suporter Viking Puncak dengan orang tak dikenal di SPBU Cibogo, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

“Malam kemarin kita antisipasi agar hal serupa tidak terjadi di wilayah Ciawi,” ungkapnya.

Patroli kali ini melibatkan sejumlah personel kepolisian dari berbagai satuan, di antaranya dari piket Pawas, piket Samapta, piket Reskrim, piket Intelkam serta piket Binmas, tak lupa dibantu Babinsa Koramil Ciawi, Sersan Syamsuddin, dan Piket Satpol PP Kecamatan Ciawi.

“Beberapa titik rawan yang menjadi fokus pengamanan antara lain Simpang Gadog, Simpang Bendungan, Simpang Seuseupan, Simpang Ciawi, Exit Tol jalan Sukabumi – Ciawi, Simpang Warungnangka, Simpang Ratna, dan Jalan Raya Veteran 1, 2, dan 3 Ciawi,” bebernya.

Ia menjelaskan, selama patroli sendiri tidak ada aktivitas yang mengarah pada potensi kerusuhan.

“Sekira pukul 21.45 para suporter mulai meninggalkan lokasi nobar dan berkumpul di Simpang Cikereteg untuk melakukan konvoi menuju Ciawi dengan membawa bendera Persib Bandung,” tandasnya.

Euforia Warga Bogor

Pada laga final leg kedua Championship Series Liga 1, Persib Bandung menjadi juara Liga 1 2023-2024 setelah mengalahkan Madura United dengan agregat 6-1. Laga ini digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Jumat (31/5/2024) malam WIB.

Persib menang 3-1 di kandang Madura United berkat gol David Da Silva (60′), Marc Klok (86′), dan Beckham Putra (90+2′). Sementara, gol Madura United dicetak Slamet Nurcahoyono pada menit ke-90+6.

Hasil itu membuat Persib juara Liga 1 berkat skor agregat 6-1. Pada leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat, Persib mengalahkan Madura United 3-0 berkat gol Ciro Alves dan David Da Silva (2 gol).

Euforia atas kemenangan Persib Bandung ini pun tak tertahankan. Luapan kegembiraan ditunjukan oleh warga Jawa Barat khususnya warga Bogor.

Pantauan di beberapa lokasi di Bogor, warga yang didominasi remaja bahkan anak-anak langsung menggelar arak-arakan. Mereka konvoy menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat berkeliling di jalan.

Sambil membawa bendera Persib beserta beragam atribut lainnya, mereka meneriakkan yel-yel Maung Bandung hingga menyalakan klakson kendaraan berulang kali. Namun hingga Jumat tengah malam, euforia warga Bogor berlangsung aman.
(YS/MUL)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini