banner atas

Warga dan Pengelola Gotong Royong Perbaiki Akses Wisata GSE

portalpa - Senin, 8 Juli 2024 | 17:04 WIB

Warga dan pengelola wisata gotong royong memperbaiki jalan akses menuju lokasi wisata GSE, Pamijahan , Kabupaten Bogor.
Warga dan pengelola wisata gotong royong memperbaiki jalan akses menuju lokasi wisata GSE, Pamijahan , Kabupaten Bogor.

GUNUNG BUNDER, PortalPasundan.com – Gunung Salak Endah (GSE) di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Kabupaten Bogor dan menarik kunjungan ribuan wisatawan.

Seiring meningkatnya jumlah pengunjung, akses menuju lokasi wisata memerlukan perbaikan. Sebab, infrastruktur jalan menuju GSE rusak dan berlubang sehingga tidak nyaman dilintasi bahkan rawan kecelakaan.

Sejumlah pengelola objek wisata di GSE bersama warga dan relawan bergotong royong melakukan kerja bakti. Mereka menambal jalan secara swadaya pada Senin (8/7/2024).

Selain menambal jalan, mereka membersihkan jalan dari sampah dan puing-puing, memperbaiki saluran air yang tersumbat, serta melakukan penataan ulang jalur agar lebih mudah dilalui.

Pengelola wisata sekaligus Ketua Koperasi Satria Rimba Athala sebagai pemegang ijin pengelolaan jasa wisata di Blok Gunung Bunder, Doni Permana, menjelaskan, kegiatan perbaikan secara rutin ini berdampak positif yang signifikan. Pertama, kenyamanan dan keamanan kendaraan pengunjung meningkat, sehingga pengalaman wisata mereka menjadi lebih menyenangkan.

Kedua, hubungan antara pengelola wisata dan masyarakat lokal semakin erat, karena kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak. Ketiga, dengan menjaga infrastruktur jalan, daya tarik wisata TNGHS juga semakin meningkat, yang pada gilirannya dapat menarik lebih banyak pengunjung dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Kendati begitu, pengelola, warga maupun relawan mengalami kendala keterbatasan dana dan sumber daya.

“Kami mengharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan mendapatkan dukungan lebih banyak pihak, termasuk dari pemerintah dan swasta, sehingga upaya peningkatan kenyamanan dan keamanan kendaraan pengunjung di TNGHS dapat terus terjaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Resort TNGHS, Sukiman, mengatakan, upaya perbaikan jalan ini menyikapi banyaknya komplain dari para pengunjung khususnya mereka yang menggunakan kendaraan sedan dan motor matic.

“Kondisi objek wisata tidak dikeluhkan, bahkan sebagian besar pengunjung merasa puas dengan kondisi objek wisatanya. Yang dikeluhkan, 90 persen pengunjung hanya terkait akses jalan aja,” ungkapnya.
(Rdy)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya