banner atas

Siswa Camperdown College Australia Kunjungi SMPN 2 Leuwisadeng

portalpa - Minggu, 23 Juni 2024 | 15:39 WIB

IMG-20240623-WA0030

LEUWISADENG, PortalPasundan.com — Rombongan Camperdown College Australia mengunjungi SMPN 2 Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Sabtu (22/6/2024). Kunjungan ini sebagai lanjutan program kerja sama BRIDGE School Partnership yang sudah terlaksana sejak lama.

Kunjungan yang kedua kalinya ini dalam upaya pembinaan hubungan baik kedua sekolah. Pada kunjungan kali ini, Camperdown College membawa sepuluh orang siswa dan tiga orang guru ke SMPN 2 Leuwisadeng.

Kunjungan siswa dari Australia ini disambut oleh segenap jajaran pendidik dan siswa SMPN 2 Leuwisadeng dengan penuh gembira. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Bambang Widodo Tawekal.

Kepala SMPN 2 Leuwisadeng, Dian Sukmawan, mengatakan bahwa SMPN 2 Leuwisadeng sangat menunggu kehadiran delegasi dari Camperdown College. “Tak semua sekolah, khususnya di Kabupaten Bogor, memiliki kesempatan kerja sama semacam ini. Tapi SMPN 2 Leuwisadeng punya. Ini merupakan suatu kebanggaan dan nilai lebih dari sekolah kami meski pun berada di kampung,” ujarnya.

Kunjungan yang jarang terjadi menjadi kesempatan yang baik yang dapat membawa semangat bagi para siswa untuk mengenal dunia luar, khususnya negara Australia.

“Kunjungan seperti ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang luar negeri. Dari sana, mungkin sekali terjadi pertukaran pengetahuan, kebudayaan, dan informasi terkait budaya pendidikan dari masing-masing sekolah,” ungkap Dian Sukmawan.

Dalam rangkaian kunjungan itu, siswa SMPN 2 Leuwisadeng menunjukkan kebolehannya di depan siswa dari Camperdown College. Para siswa mengajak siswa asal Australia itu untuk bermain permainan tradisional seperti egrang, congklak, sondah, dan lain-lain.

Program Kemitraan Sekolah BRIDGE didanai oleh Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) dan diimplementasikan oleh Asia Education Foundation (AEF) di bawah the University of Melbourne, Australia.

BRIDGE merupakan singkatan dari Building Relationships through Intercultural Dialogue and Growing Engagement. Program Kemitraan Sekolah BRIDGE Australia-Indonesia menghubungkan komunitas sekolah di Indonesia dengan seluruh negara bagian dan teritori di Australia untuk mendukung pembelajaran kolaboratif dan pedagogi melalui kemitraan sekolah internasional.
(Rdy)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini