banner atas

Semplak Barat Budidayakan Ternak Ikan Guna Tekan Stunting

portalpa - Rabu, 3 Juli 2024 | 16:42 WIB

Camat Kemang dan Kepala Desa Semplak Barat menabur bibit ikan dalam program ketahanan pangan yang dibiayai Dana Desa tahun 2024.
Camat Kemang dan Kepala Desa Semplak Barat menabur bibit ikan dalam program ketahanan pangan yang dibiayai Dana Desa tahun 2024.

KEMANG, PortalPasundan.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Semplak Barat, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, launching program ketahanan pangan dengan budidaya ikan nila dan gurame di Kelompok Tani Anggrek, Kampung Lumbung, RT 01/07. Program ini guna mendukung program pemerintah dalam menekan stunting.

Kepala Desa Semplak Barat, Abdul Rahman mengatakan, program ketahanan pangan di sector budidaya ikan nila dan gurame ini dibiayai anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2024.

“Program ketahanan pangan ini sangat nyambung dengan program pemerintah untuk ketahanan pangan dan pencegahan dan menekan angka stunting. Hari ini kami menabur bibit ikan sebanyak 2.500 ekor. Harapannya saat panen bisa menghasilkan ikan yang berkualitas baik,” ujarnya, Rabu (3/7/2024).

Di tempat yang sama, Camat Kemang Imam Mahmudi, menyambut positif dan sangat mendukung program tersebut. “Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Semplak Barat hari ini semoga bisa berkembang dan bisa maju,” ucapnya.

Camat berharap bibit ikan yang telah ditabur dapat dipelihara dan dirawat dengan baik sehingga hasil yang didapat bisa digulirkan kepada kelompok-kelompok tani yang lainnya.

“Ikan sangat bermanfaat sekali untuk dikonsumsi oleh masyarakat agar menjadi daya tubuhnya sehat, terutama diperlukan bagi anak-anak dan juga ibu hamil. Budidaya ikan merupakan salah satu program yang sejalan dengan program pemerintah dalam penurunan percepatan stunting,” paparnya.

Camat Imam juga mengharapkan UPT Peternakan dan Perikanan melakukan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat. “Jangan sampai nanti bantuan yang diberikan sia-sia tidak berguna. Antara ikan yang ditabur dengan kolam itu harus seimbang, jangan kebanyakan ikan di kolamnya, nah ini juga berpengaruh terhadap perkembangan ikan,” tutup Imam.
(MY)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini