banner atas

Seleksi Jalur UTBK-SNBT Diumumkan, Berikut Ketentuan Registrasi di IPB University

portalpa - Jumat, 14 Juni 2024 | 16:12 WIB

IPB2

BOGOR, PortalPasundan.com — Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan tes (SNBT) telah diumumkan pada Kamis (13/6/2024) pukul 15.00 WIB. Peserta dapat melihat pengumuman di laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, ataupun melalui berbagai laman mirror, salah satunya https://snbt.ipb.ac.id.

Pada seleksi tahun ini, sebanyak 2.397 peserta dari total 44.298 pendaftar jalur SNBT ke IPB University dinyatakan lolos seleksi dan nantinya berhak menyandang status sebagai calon mahasiswa IPB University. Hasil seleksi SNBT ini berasal dari hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang digelar pada 30 April, 2-7 Mei dan 14 -20 Mei 2024 lalu.

Sebelumnya, IPB University telah menerima 3.546 calon mahasiswa baru (camaba) program Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4) melalui Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dari 22.801 pelamar. Total pendaftar ke IPB University melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, yakni SNBP dan SNBT adalah sebanyak 67.099 pelamar.

Bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos seleksi masuk IPB University melalui jalur SNBT, wajib melakukan registrasi secara online melalui https://registrasi.admisi.ipb.ac.id/. Berikut tanggal-tanggal yang penting untuk diperhatikan oleh camaba:

Pertama, login pada laman registrasi di laman https://registrasi.admisi.ipb.ac.id/ dan mengunduh Surat Rektor mulai tanggal 14 Juni 2024 pukul 13.00 WIB. Camaba diwajibkan mengikuti ketentuan-ketentuan yang disebutkan di dalam surat tersebut. Kedua, camaba mulai melakukan registrasi online pada tanggal 14 – 19 Juni 2024. Ketiga, mengunduh informasi tagihan biaya uang kuliah tunggal (UKT) mulai tanggal 24 Juni 2024. Keempat, pembayaran UKT dilakukan pada 24-27 Juni 2024.

Calon mahasiswa baru dianggap sebagai mahasiswa baru jika telah melengkapi seluruh berkas dan sudah membayar UKT. Mahasiswa baru berhak mengikuti perkuliahan yang akan dimulai pada 12 Agustus 2024 mendatang.

Bagi calon mahasiswa baru yang mengalami kendala dalam pengisian formulir, silakan unggah pertanyaan atau kendala melalui laman di https://halo.admisi.ipb.ac.id.

Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof drh Deni Noviana mengatakan, bagi calon mahasiswa yang belum dinyatakan lolos SNBT, IPB University masih memberikan kesempatan melalui jalur mandiri salah satunya adalah Seleksi Mandiri Masuk (SM) IPB untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan.

“Pendaftaran SM IPB Program Sarjana akan ditutup tanggal 19 Juni 2024, sedangkan Program Sarjana Terapan akan ditutup pada tanggal 11 Juli 2024. SM IPB Program Sarjana ini terbuka untuk kelas reguler dan kelas internasional,” katanya.

Sebagai informasi, selain uang kuliah tunggal (UKT), mahasiswa program sarjana yang diterima melalui jalur SM IPB akan dikenakan biaya pengembangan institusi dan fasilitas (BPIF) yang dibayarkan satu kali di awal kuliah. Informasi lengkap mengenai pelaksanaan SM IPB dapat diakses melalui https://admisi.ipb.ac.id.
(MUL)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini