banner atas

Satu Juta Obor Hangatkan Malam Tahun Baru Islam di Puncak-Bogor

portalpa - Sabtu, 6 Juli 2024 | 21:27 WIB

IMG-20240706-WA0039

BOGOR, PortalPasundan.com – Ribuan umat muslim mengikuti kegiatan pawai satu juta obor menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah di sepanjang Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2024) malam.

Ratusan massa berjalan di jalur Puncak sepanjang sekitar 10 kilometer. Mereka bergerak dari Simpang Gadog menuju Rest Area Gunung Mas. Kondisi ini sempat menyebabkan kemacetan panjang di jalur Puncak.

Ratusan massa ini pawai dengan menyalakan obor minyak sambil melantunkan selawat dan lagu islami.

Koordinator aksi pawai obor, Habib Iye Al Jufri, mengungkapkan, pawai obor merupakan tradisi warga Puncak dalam menyambut Tahun Baru Islam yang digelar sejak dahulu.

Menurutnya, pawai ini diawali dengan ratusan umat muslim di titik awal pemberangkatan. Namun, di sepanjang perjalanan, jumlah massa yang bergabung akan semakin banyak.

“Umumnya, mereka akan bergabung mengikuti pawai setelah rombongan melintasi perkampungan mereka. Target kita sebanyak mungkin dan semoga masyarakat antusias di setiap gang yang kita lalui, karena mereka sudah menunggu di setiap gang-gang,” ungkap Iye.

Pawai obor yang digelar setiap tanggal 1 Muharam ini merupakan tradisi tahunan yang terpelihara sejak nenek moyang. Tradisi ini dahulunya merupakan salah satu kegiatan syiar Islam di Jawa Barat ketika umat muslim dengan antusias menyambut Tahun Baru Islam. Sambutan masyarakat akan Tahun Baru Islam ini juga diharapkan lebih meriah, seperti menyambut tahun baru Masehi.

“Kegiatan malam satu Muharram ini salah satu syiar. Dengan pawai obor, maka disyiarkan bahwa malam satu Muharram atau Tahun Baru Islam harus meriah. Jangan malam Tahun Baru Masehi saja yang meriah, tetapi malam Tahun Baru Islam sepi dan sunyi,” lanjutnya.

Sementara itu, pawai obor ini sempat membuat kepadatan arus lalu lintas di sepanjang jalur yang dilalui. Petugas gabungan sempat menutup sementara jalur dari arah Jakarta untuk memberi kesempatan massa pawai melintas.

Sementara itu, pawai obor juga dilaksanakan umat muslim di jalur Bocimi dan di beberapa jalur alternatif. Warga bergabung dengan pelajar madrasah dan santri dari berbagai pondok pesantren membawa obor berkeliling di jalanan. Bahkan beberapa rombongan mengikutsertakan pula kelompok drum band untuk lebih memeriahkan peringatan 1 Muharram.
Selain konvoy menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, sebagian besar warga berjalan kaki.
(Punk/Mul)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya