banner atas

Relokasi PKL Ciseeng Sukses, Omzet Pedagang Naik 300 Persen

portalpa - Senin, 1 Juli 2024 | 12:19 WIB

IMG-20240701-WA0004

CISEENG, PortalPasundan.com – Para pelaku UMKM maupun Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor sudah bisa bernapas lega. Mereka yang direlokasi sebulan lalu, sudah bisa kembali meraup untung bahkan omzetnya naik hingga 300 persen.

Salahsatunya dialami pedagang, Abimanyu. Ia merasakan sendiri perbedaan ketika berjualan di Palm Garden Square. Tempatnya kini jauh lebih bersih dan rapi sehingga banyak disambangi pembeli.

“Awalnya berdagang di pinggir jalan, bikin jalanan macet, dan tidak rapi. Apalah kalau hujan, dagangan juga sering kena cipratan mobil atau motor,” ungkap pelaku UMKM ini.

Sekira 50 pedagang relokasi sudah bisa merasakan kondisi yang jauh lebih baik. Tak hanya tempat yang bersih, lokasi itu juga menyediakan toilet dan tempat parkir gratis.

“Untuk lokasi sekarang, terus dipertahankan. Semoga lebih maju lagi dan kita bisa terus berdagang di sana. Harapan kami semua pihak harus saling support untuk UMKM agar kami bisa sejahtera dan bisa menjadi contoh untuk di wilayah lain,” harapnya.

Relokasi itu pun berasal dari inisiatif Bakal Calon Bupati Bogor Ade Wardhana Adinata bersama tim Frenky cs, dibantu oleh Babinsa, Babinmas dan Desa. Ia berhasil berkomunikasi dengan para PKL yang semula menempati pinggiran jalan. Lewat pendekatan yang bersahabat, para PKL maupun pelaku UMKM rela direlokasi masuk ke area Palm Garden Square Ciseeng, lahan tidur milik warga Tangsel.

Ade pun sempat kembali menyambangi para PKL yang telah menempati lokasi tersebut, Sabtu (29/62024) lalu. Ia bersyukur bisa melihat para pelaku UMKM itu sudah lebih berdaya. Dalam sebulan terakhir, mereka bisa mendongkrak omzet hingga kenaikan 200-300 persen.

Menurutnya, penataan PKL di Kecamatan Ciseeng itu bisa menjadi contoh bagi kecamatan lainnya. Bahkan, Ade Wardhana siap menjembatani jika hendak diduplikasi di 39 kecamatan lainnya.

“Ini langkah awal kita dalam Ngahadekeun (memperbaiki) UMKM. Semoga selain omzet para pedagang bisa terus tumbuh positif bersama,” tandas eksportir Bogor ini.

Tak hanya itu, lelaki yang akrab disapa kang AW ini juga menyiapkan strategi lain agar UMKM di Ciseeng itu bisa berkelanjutan. Salah satunya, menyiapkan sarana koperasi untuk membantu dalam pengembangan pelaku usaha.

“Insyaallah kita akan buatkan koperasi untuk mereka, agar ada kebersamaan dan maju bersama-sama,” pungkasnya.
(MUL)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini