banner atas

Ratusan Bangunan Pedagang Puncak Diratakan dengan Tanah

portalpa - Senin, 24 Juni 2024 | 14:45 WIB

IMG-20240624-WA0015

CISARUA, PortalPasundan.com – Ratusan bangunan liar (Bangli) Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jalan Raya Puncak, Cisarua, diratakan dengan tanah oleh petugas gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, TNI, dan Polri, Senin (24/6/2024).

Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Cecep Imam Nagarasid, mengatakan, penertiban bangli di Jalan Raya Puncak ini sebenarnya melanjutkan yang tertunda.

“Kan harusnya tahun 2023 lalu sudah ditertibkan, tapi karena ada atensi jadi kita tunda,” ujar Cecep Imam Nagarasid di lokasi.

Pada penertiban kali ini, ada 331 bangli yang digunakan sebagai warung yang dibongkar, dari Simpang Taman Safari Indonesia (TSI) hingga Puncak Pas perbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

“Ada 331 bangunan yang kami bagi menjadi beberapa zona. Zona pertama dari Gantole hingga Rest Area, dan zona kedua dari Rest Area ke Taman Safari,” ucapnya.

Pantauan di lokasi menunjukkan adanya penolakan dari ratusan warga, yang menyebabkan gesekan dengan petugas. Namun, aksi warga tersebut tidak mampu menghalau petugas di lokasi.

“Ya, tadi ada sedikit penolakan tetapi itu dianggap wajar. Sekarang sudah berjalan baik di area bawah dan dari Gantole ke bawah sedang berjalan,” ungkapnya.

Iman mengaku sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada para pedagang yang akan ditertibkan.

“Insya Allah ini sesuai SOP. Kami sudah melakukan sosialisasi dan rapat koordinasi sebelumnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa pembongkaran ini rencananya akan dilakukan selama tiga hari ke depan untuk melakukan penataan. “Sekali lagi, ini bukan pembongkaran tetapi penataan. Para PKL yang ada di jalur Puncak akan dipindah ke Rest Area yang disiapkan oleh pemerintah, yang jumlahnya sekitar 500 kios,” ujarnya.

“Kami didukung oleh unsur kepolisian, TNI, serta semua pimpinan termasuk Bupati yang mendukung kegiatan ini. Karena ini adalah amanah yang telah direncanakan. Mereka meminta rest area untuk ditata. Tempatnya sudah disiapkan, dan sekarang tinggal mengisi dan menata,” tandas Cecep Imam.
(YS)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini