banner atas

Progress Coklit Kecamatan Sukaraja Capai 50 Persen

portalpa - Senin, 8 Juli 2024 | 17:56 WIB

Ketua PPK Sukaraja Kabupaten Bogor, Sara Jihan.
Ketua PPK Sukaraja Kabupaten Bogor, Sara Jihan.

SUKARAJA, PortalPasundan.com – Progress pencocokan dan penelitian (coklit) Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, sudah mencapai 50 persen. Demikian disampaikan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Sukaraja, Sara Jihan, Senin (8/7/2024).

Sara Jihan mengatakan, kerja Pantarlih masih terus berjalan sampai tahapannya selesai 25 Juli 2024 mendatang.

Sara Jihan mengungkapkan, untuk sementara kendala yang dihadapi Pantarlih di lapangan adalah masih ada warga yang sulit ditemui. “Sebagian warga sulit ditemui karena bekerja dari pagi dan pulang larut malam, ditambah cuaca yang sedang tidak bagus sehingga petugas kuatir berkas basah,” sebutnya.

Dijelaskannya, jumlah pemilih di Kecamatan Sukaraja dipastikan bertambah karena ada banyak potensi pemilih baru pada pemilu bulan Februari 2024 lalu belum cukup umur dan pada 27 November mendatang sudah cukup umur untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024.

“Namun data itu fluktuatif karena ada juga yang meninggal ataupun berpindah domisili,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Desa Cimandala, Firman, mengatakan di Desa Cimandala sendiri coklit manual sudah hampir 80 persen dari total data DP4 17.500 pemilih yang harus dicoklit.

“Karena ini sudah berjalan dua minggu dan masih ada waktu dua minggu lagi sampai batas masa akhir kegiatan Pantarlih. Untuk penambahan data pemilih belum bisa dipastikan karena masih fluaktif, tidak menentu, bisa naik atau turun,” ucapnya.

Firman mengemukakan, kendala yang dihadapi pihaknya di lapangan masih data warga yang masuk dalam daftar coklit sudah meninggal dunia tapi belum memiliki bukti akta kematiannya.
(Jason)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini