banner atas

Pemkab Bogor Salurkan 95 Ekor Sapi dan Domba

portalpa - Senin, 17 Juni 2024 | 13:30 WIB

IMG-20240617-WA0013

CIBINONG, PortalPasundan.com – Pada Perayaan Hari Raya Idul Adha ke 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyalurkan 95 ekor sapi dan domba untuk masyarakat yang membutuhkan. Puluhan hewan kurban ini disalurkan melalui masjid, pondok pesantren, lembaga keagamaan, dan lembaga sosial.

“Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bogor menyalurkan kurang lebih 95 ekor sapi dan domba ke semua elemen masyarakat yang memang membutuhkan dan disalurkan baik melalui masjid, pondok pesantren, lembaga-lembaga keagamaan termasuk lembaga-lembaga sosial. Alhamdulillah jam 10 semalam tuntas semua penyalurannya,” jelas Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, Senin (17/6/2024).

Sebanyak empat ekor sapi dan satu ekor kambing juga disembelih di Pendopo Bupati Bogor untuk dibagikan ke para pegawai seperti pesapon, supporting outsourcing dan Satpol PP yang ada di sekitar Kantor Pemerintahan Kabupaten Bogor di Cibinong. Asmawa Tosepu juga ikut menyembelih salah satunya.

“Alhamdulillah tadi berkesempatan menyembelih hewan qurban, semua belajar dari pengalaman. Karena saya berasal dari desa dan petani jadi memang sudah biasa untuk hal yang seperti itu,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Asmawa Tosepu juga mengajak masyarakat memaknai momentum perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT serta meningkatkan kerukunan, keakraban, gotong royong dan silaturahmi.

“Ini bagian dari pengorbanan, tentu kita maknai dalam rangka meningkatkan keimanan ketakwaan kita. Nah konteksnya di Kabupaten Bogor momentumnya hari ini bahwa mari sama-sama kita senantiasa menjaga kerukunan, keakraban, gotong royong, silaturahmi,” tutur Pj Bupati Bogor.

Ia berharap momentum ini jadi bagian dari upaya untuk mewujudkan masyarakat Bogor yang maju untuk sejahtera, berkeadilan dan makmur. Pengorbanan ini tidak hanya dilihat konteksnya hanya sekadar menyembelih sapi atau hewan kurban tetapi sebenarnya adalah bagaimana mengorbankan apa yang dimiliki untuk jalan Allah dan kemudian itu memperkuat tujuan kita semua dalam melaksanakan apa yang menjadi perintah Allah dan apa yang dilarang oleh Allah.

“Di momentum Idul Adha ini kita harus memahami bahwa ini adalah momen untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Mengambil pelajaran hikmah dari qurban ini kan bagaimana Nabi Ibrahim AS mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk memenuhi fitrahnya dan itu secara ikhlas dilaksanakan baik oleh Nabi Ibrahim AS sebagai orang tua dan oleh Nabi Ismail AS sebagai putra atau anak yang akan disembelih, secara ikhlas mereka menerima dalam posisi masing-masing tetapi kemudian Allah SWT memberikan petunjuk untuk mengganti dengan domba,” imbuhnya.
(Punk)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya