banner atas

Pemkab Bekasi Resmikan TPS3R Serang Baru

portalpa - Senin, 24 Juni 2024 | 17:30 WIB

Peresmian TPS3R oleh Plh Bupati Bekasi di Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Minggu (23/6/2024).
Peresmian TPS3R oleh Plh Bupati Bekasi di Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Minggu (23/6/2024).

BEKASI, PortalPasundan.com – Plh Bupati Bekasi Iyan Priyatna meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R). Peresmian ini dalam rangkaian kegiatan Mulia Eco Fest 2024 di Taman Ekoriparian Desa Sukaragam, Kabupaten Bekasi, Minggu (23/6/2024).

“Pengolahan sampah TPS3R merupakan salah satu langkah konkret dalam mengelola sampah secara lebih efektif dan efisien, yang nantinya dapat memberikan dampak positif bagi kelestarian lingkungan,” kata Plh Bupati Bekasi Iyan Priyatna.

Iyan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengapresiasi langkah Mulia Industry Group yang telah bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang telah melaksanakan kewajiban Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) di Kabupaten Bekasi.

“Ini merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas infrastruktur dan fasilitas umum, menjaga kelestarian lingkungan, serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia,” katanya.

Menurutnya, berbagai kegiatan yang dilakukan pada Mulia Eco Fest 2024 ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli dan terus berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

Disamping juga upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah melalui kegiatan penanaman pohon secara serentak serta uji emisi pada kendaraan secara gratis dalam rangka menjaga keberlangsungan alam.

“Hadirnya pameran UMKM ramah lingkungan juga merupakan inisiatif yang luar biasa menurut saya, ini memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM menampilkan produk-produk ramah lingkungan, yang tidak hanya mendukung kelestarian alam. Tetapi juga memperkuat perekonomian lokal,” ucapnya.

Camat Serang Baru Deni Mulyadi menambahkan, keberadaan TPS3R di wilayah Kecamatan Serang Baru diharapkan memberikan dampak positif seperti mengurangi volume sampah yang biasanya harus diangkut ke TPA hingga memberikan tambahan nilai ekonomis dari pengelolaan sampah itu sendiri.

“Tadi juga secara langsung dikukuhkan oleh Pak Plh. Bupati Bekasi, Forum Bank Sampah Desa Sukaragam. Beliau menyambut baik dan berharap ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah dan memberikan nilai ekonomis dari sampah yang terkelola dengan baik,” ujarnya.
(MUL)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini