banner atas

Pemdes Cimandala Gelar Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa

portalpa - Senin, 1 Juli 2024 | 11:39 WIB

IMG-20240701-WA0001

BANDUNG, PortalPasundan.com — Pemerintah Desa (Pemdes) Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas lembaga desa.

Bimtek yang digelar di floating market Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini, diikuti 420 peserta yang terdiri dari Perangkat Desa, BPD, LPM, serta Ketua RT dan RW, Guru Ngaji, Kader PKK dan Posyandu. Sedangkan narasumber Kasie Pemerintahan Kecamatan Sukaraja.

Kepala Desa Cimandala, Aditiya Agung, menuturkan tujuan utama Bimtek untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terutama pelayanan administrasi dan pembangunan yang telah diprogramkan oleh Pemerintah Desa. Selain itu kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan lembaga desa.

“Lembaga Desa garda terdepan dalam pembangunan atau pelayanan kepada masyarakat. Selain itu mereka sangat membantu Pemerintah Desa dan merupakan mitra dalam memberdayakan masyarakat desa dalam menyusun rencana program Pemerintah Desa,” ujar Aditya Agung.

Aditiya agung menambahkan, Pemdes dan Lembaga Desa harus saling koordinasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan baik, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing lembaga. Sehingga pembangunan dan pelayanan berjalan dengan lancar, sesuai visi dan misi Kepala Desa Cimandala.

“Pemerintah Desa terus berupaya meningkatkan sumber daya yang dimiliki desa agar semakin berkualitas, kreatif dan inovatif, dan ini untuk kemajuan Desa Cimandala. Kami terus berkomitmen, akan hadir terus di masyarakat, dengan cara memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Dirinya berharap dengan adanya Bimtek peningkatan kapasitas Lembaga Desa, dapat mendorong seluruh Lembaga Desa yang terlibat untuk mengeluarkan ide-ide yang kreatif, membuat inovasi, dan rencana untuk membangun desanya.

“Ke depannya saya berharap apa yang telah didapat dalam Bimtek ini, Lembaga Desa dapat menerapkannya di lingkungan masyarakat, terus memberikan informasi, terkait program desa ataupun pelayanan desa,” tutupnya.
(punk)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini