banner-atas

Parade Dongdang Peringati Hari Jadi Desa Cijayanti-Bogor

portalpa - Jumat, 31 Mei 2024 | 13:02 WIB

Parade Dongdang dalam rangka Hari Jadi Desa Cijayanti, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
Parade Dongdang dalam rangka Hari Jadi Desa Cijayanti, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

BABAKAN MADANG, PortalPasundan.com – Ribuan masyarakat Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tumpah ruah ke jalan menyaksikan Parade Dongdang, Jumat pagi (31/5/2024). Parade Dongdang ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Desa Cijayanti yang ke-27 tahun.

Warga nampak antusias berjejer di bibir jalan. Dengan penuh suka cita, warga menyemangati arak-arakan puluhan Dongdang yang melintas. Tak sedikit warga yang terlihat mengabadikan momen langka di desanya tersebut.

Dongdang-dongdang tersebut dibuat dalam berbagai bentuk menarik berisikan beraneka hasil bumi masyarakat dari 10 Rukun Warga (RW). Dongdang-dongdang tersebut digotong menuju panggung utama di dekat Kantor Desa Cijayanti.

Kepala Desa Cijayanti, Muhammad Paujan, mengatakan, Parade Dongdang dalam rangka mengisi Hari Jadi Desa Cijayanti ke 27 tahun ini sebagai salah satu upaya melestarikan tradisi budaya leluhur.

“Parade Dongdang ini sebagai tradisi tahunan di desa kami dan sebagai ajang silaturahmi antar kampung di Desa Cijayanti. Alhamdulillah tradisi Parade Dongdang ini sudah berjalan dengan lancar. Antusias masyarakat kampung di desa kami cukup meriah. Ada 10 RW yang berpartisipasi membawa hasil bumi dengan hiasan khas tiap RW-nya,”ucapnya.

Menurut Paujan, tradisi Parade Dongdang ini akan terus dilaksanakan dan dikembangkan setiap tahunnya. “Selain menjalin silaturahmi, ini sebagai ciri khas Desa Cijayanti yang gotong royong serta guyub meneruskan tradisi leluhur yang sudah dijalankan bertahun-tahun,” tuturnya.
(punk)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini