banner atas

Libur Tahun Baru Islam, Jalur Puncak Macet Parah

portalpa - Sabtu, 6 Juli 2024 | 16:43 WIB

IMG-20240706-WA0029

CISARUA, PortalPasundan.com – Menjelang pergantian tahun baru hijriah, arus wisata menuju kawasan Puncak, Cisarua dan Megamendung, Kabupaten Bogor, sangat padat. Jalan Raya Puncak diwarnai kemacetan parah sejak Sabtu pagi (6/7/2024).

Untuk mengurai kemacetan aparat Satlantas Polres Bogor memberlakukan kebijakan contra flow di jalur tol Jagorawi menuju Ciawi dan sistem satu arah menuju Puncak lebih awal.

Seperti yang terlihat di kawasan jembatan tol Ciawi ini kepadatan arus lalulintas wisata menuju Puncak sudah terlihat sejak menjelang pintu tol Ciawi. Ribuan kendaraan tampak mengular antre menuju kawasan Puncak.

Banyaknya kendaraan yang akan menuju Puncak membuat antrean kendaraan hingga menimbulkan kemacetan sekitar 7 kilometer yaitu dari Simpang Gadog hingga tol Jagorawi km 41.

Kondisi kawasan Puncak usai dilakukan penertiban membuat animo wisata warga semakin meningkat. Wahyu Santoso (34) warga Ciputat ini misalnya, dirinya memboyong anak dan istri untuk berwisata menuju puncak.

“Sudah lama gak wisata, makanya ini ajak anak-anak untuk ke gantole. Sekalian penasaran kemarin habis penertiban,” ungkap Wahyu.

Sementara itu Kepala Bagian Pembinaan Anggota dan Operasional (KBO) Satlantas Polresta Bogor, Iptu Ardian Novianto, mengungkapkan kemacetan pagi ini memang terlihat lebih tinggi daripada libur akhir pekan biasanya. Hingga pukul 09.00 pagi saja arus lalulintas menuju Puncak sudah mencapai 11 ribu, sementara arus turun sekitar 8 ribu.

“Ini yang sudah terpantau di Traficc Counting, yang antrean lebih banyak lagi,” ungkap Ardian.

Untuk mengurai arus kendaraan pihaknya memberlakukan sistem contra flow di ruas tol Jagorawi menuju Ciawi dan Tol Bocimi. Sementara di jalur Puncak diberlakukan sistem satu arah lebih cepat dari biasanya.
(Punk)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya