banner atas

KNPI: Developer Jangan Culas, Dinas Wajib Awasi!

portalpa - Rabu, 3 Juli 2024 | 17:51 WIB

Ketua DPK KNPI Kecamatan Kemang, Abdul Jalil Zein
Ketua DPK KNPI Kecamatan Kemang, Abdul Jalil Zein

KEMANG, PortalPasundan.com – Ketua DPK KNPI Kecamatan Kemang, Abdul Jalil Zein, mengapresiasi warga Perumahan Bogor Kemang Residance (BKR) di Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, yang secara mandiri bergotong royong mengaspal jalan di perumahan mereka.

“Kami KNPI Kemang sangat salut dan memberikan apresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh warga dan Pengurus RT dan RW di Perumahan Bogor Kemang Residence. Tetapi, KNPI sangat menyayangkan dengan abainya developer,” ujar Jalil, sapaan akrabnya, Rabu (3/7/2024).

Jalil mengemukakan, semua pihak telah mengetahui di mana sebelum Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSU) termasuk di dalamnya fasilitas sosial (fasos) dan fasiiltas umum (fasum) yang belum diserahterimakan ke Pemerintah Daerah maka masih menjadi tanggung jawab developer untuk memelihara dan memperbaikinya.

“Jadi developer jangan culas. KNPI akan mengkomunikasikan hal ini kepada dinas terkait. Dinas terkait juga wajib melakukan pengawasan. Semoga dinas terkait bisa memberi perhatian dan pengawasan kepada developer-developer perumahan khususnya di wilayah Kemang agar tidak lepas tanggung jawab,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, tentang PSU maupun fasos fasum perumahan telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Permukiman, Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2011, PP Nomor 14 Tahun 2016, dan PP Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan Khusus.

Sebelumnya diberitakan, warga Perumahan BKR di Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor melakukan perbaikan jalan tanpa bantuan dan keikutsertaan dari pihak pengembang. Mereka rela bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak di perumahan BKR, Minggu (30/6/2024). Warga inisiatif melakukan patungan dana untuk mengaspal jalan yang rusak dan selalu becek saat hujan.
(MY)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya