banner atas

Kelompok Ketahanan Pangan Desa Gadog Fokus Beternak Kambing

portalpa - Rabu, 5 Juni 2024 | 14:24 WIB

IMG-20240605-WA0011

MEGAMENDUNG, PortalPasundan.com – Beternak kambing dipilih kelompok ketahanan pangan Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, dalam mendongkrak ekonomi masyarakat.

Melalui binaan-binaannya diharapkan sektor ini bisa berkembang di desanya. Demikian dikatakan Kades Gadog Dedi Junaedi saat memantau peternakan kambing yang masuk kelompok ketahanan pangan Desa Gadog.

Menurutnya, Ternak Kambing Sejahtera (TKS) yang berlokasi di Kampung Sukabirus RT 03 RW 04 ini bentuk Pemdes Gadog dalam memajukan sektor peternakan yang dikelola kelompok ketahanan pangan dengan melibatkan binaan-binaan.

“Ini juga sekaligus mempererat hubungan antara Pemerintah Desa dan masyarakat,” ujar Dedi Junaedi saat memantau kelompok binaan, Rabu (5/6/2024).

Selain memantau kelompok ketahanan pangan, momen ini juga dimanfaatkan untuk berkomunikasi, baik dengan binaan-binaan kelompok ketahanan pangan maupun dengan masyarakat secara langsung.

“Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan motivasi, dorongan, dan ide-ide yang diharapkan bermanfaat untuk mengembangkan usaha. Dengan harapan semakin banyak masyarakat yang berwirausaha, maka penghasilan dan kemajuan di desa binaan akan meningkat,” ucapnya.

Ia menambahkan, memilih berternak kambing yang dilakukan kelompok ketahanan pangan bukan tanpa alasan. Sebab beternak kambing selain berfungsi sebagai sumber protein hewani bagi masyarakat, juga berperan sebagai aset yang dapat dijual sewaktu-waktu untuk menambah pendapatan.

“Iya beternak kambing ini saya pikir menguntungkan, dan penjualannya pun mudah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bilamana program ketahanan pangan ini berjalan maju, maka ke depannya Pemdes Gadog akan lebih mengembangkan dan berkelanjutan seperti peternakan sapi. Intinya program ketahanan pangan ini riil.

Tidak hanya itu, kotoran kambing juga dapat dijadikan bahan pembuatan pupuk yang menguntungkan bagi petani.

“Kami meminta agar ketahanan pangan ini terus dikembangkan untuk mensejahterakan masyarakat di wilayah Gadog,” tandasnya.
(YS)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini