banner atas

Kebon Pedes Sosialisasikan Mitigasi Bencana

portalpa - Selasa, 9 Juli 2024 | 19:07 WIB

Simulasi penanggulangan kebencanaan di Kelurahan Kebon, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.
Simulasi penanggulangan kebencanaan di Kelurahan Kebon, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

KOTA BOGOR, PortalPasundan.com – Pemerintah Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, menggelar sosialisasi mitigasi bencana. Sosialisasi pencegahan bencana ini dipusatkan di Pondok Rumput RW 8, Selasa (9/7/2024).

Dalam sosialisasi tersebut, warga mendapatkan wawasan mitigasi bencana secara teori maupun praktik melalui simulasi penanganan bencana.

Lurah Kebon Pedes, Muhamad Al Farhan, mengatakan, sosialisasi mitigasi bencana ini di antaranya meliputi penanggulangan banjir, kebakaran, evakuasi, hingga penanganan medis dan penanganan trauma pasca bencana.

“Dalam sosialisasi ini melibatkan Dinas Kesehatan, PKK, Dinas Sosial, Tagana, Dinas Pemadam Kebakaran, dan BPBD. Tujuan sosialisasi ini minimal warga tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana alam. Misalnya, pertama, menyelamatkan diri sendiri, yang kedua menyelamatkan pihak lain, dan barang-barang surat berharga yang penting,” tutur Muhamad Al Farhan.

Ketua Tagana Kota Bogor, Yetti Sumiati, mengatakan, sosialisasi dan simulasi kebencanaan ini dalam rangka penilaian Kelurahan Gagah Bencana Tingkat Provinsi Jawa Barat. “Sosialisasi kebencanaan ini dalam upaya untuk mengurangi risiko bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor, Jaya, mengatakan, simulasi penanggulangan bencana kebakaran merupakan bagian dari tugas Damkar dalam bidang pencegahan.

“Melalui sosialisasi ini masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesiagaan terhadap bencana khususnya kebakaran. Kali ini kami simulasikan cara menangani jika ada kebocoran gas. Karena gas itu dipakai setiap hari, di mana kebanyakan atau 90 persen kebakaran akibat kebocoran tabung gas 3 kilogram,” jelasnya.
(Jason)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini