banner-atas

Kawanan Kera Berkeliaran di Permukiman Warga Kampung Jatake-Bogor

portalpa - Selasa, 4 Juni 2024 | 13:17 WIB

IMG-20240604-WA0033

CIBUNGBULANG, PortalPasundan.com – Kawanan kera turun dari Gunung Salak dan berkeliaran di permukiman warga di Kampung Jatake, Desa Cimanggu I, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Gerombolan kera ini turun gunung untuk mencari makanan di tumpukan sampah.

Yeni (40), warga setempat, mengatakan kawanan kera yang turun dari gunung itu akhir-akhir ini sering berkeliaran tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau dulu-dulu mah gak pernah, tahun sekarang-sekarang aja itu pada turun. Biasanya berkumpul di tumpukan sampah mencari makan,” ujar Yeni, Selasa (4/6/2024).

Meski sering berkeliaran, kata Yeni, kawanan kera tersebut tak mengganggu warga. “Mereka (kawanan kera, red) gak menggangu warga, kalau kita gak ganggu mereka, ya mereka juga gak mungkin ganggu warga. Jadi gak galak,” ucapnya.

Kawanan kera mencari makanan di tumpukan sampah di Kampung Jatake, Cimanggu I, Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Ia memperkirakan turunnya kawanan kera ke permukiman warga akibat stok makanan di Gunung Salak berkurang. “Mungkin pohon buah-buahan di Gunung Salak banyak yang menebang, jadi pada kelaparan,” ucap Yeni.

Pemandangan kawanan kera tersebut pun menjadi tontonan warga. Tak sedikit pengguna jalan yang sedang melintas sengaja berhenti untuk menyaksikannya.
(Rdy)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini