banner atas

Jurnalis Fishing Indonesia Bersama Pemerintah Kecamatan Pamijahan Aksi Tebar Benih Ikan

portalpa - Senin, 17 Juni 2024 | 13:06 WIB

IMG-20240617-WA0009

PAMIJAHAN, PortalPasundan.com – Jurnalis Fishing Indonesia (JFI) bersama Pemerintah Kecamatan Pamijahan menggelar aksi tebar benih ikan di kali di Kampung Babakan Pasar Jum’at, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Minggu (16/6/2024).

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu pagi ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, Camat Pamijahan, pejabat Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, pemuda, serta komunitas pencinta lingkungan. Kegiatan ini dalam rangka mendukung pelestarian lingkungan dan menjaga ekosistem serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Camat Pamijahan, Wawan Suryana, dalam sambutannya menekankan pentingnya menjaga ekosistem sungai dan peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif Jurnalis Fishing Indonesia yang telah mengajak kami untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam menjaga kelestarian alam. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui peningkatan populasi ikan di sungai,” ujar Wawan Suryana.

Ketua JFI, Billy Adhiyaksa, menyampaikan bahwa aksi tebar benih ikan ini merupakan bagian dari komitmen JFI untuk terus berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat Pamijahan dan sekitarnya,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kabid Peternakan dari Dinas Perikanan Kabupaten Bogor, Dodit Rahardian. Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini terutama merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi Bogor.

“Tentunya kegiatan ini sangat menginspirasi, ya apalagi ini berkaitan dengan pelestarian alam sekaligus juga meningkatkan silaturahmi antara kami dari pemerintahan awak media serta masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini jadi salah satu tolak ukur untuk lebih mempererat tali silaturahmi juga kolaborasi berbagai kegiatan dan program-program yang langsung menyentuh pada masyarakat.

“Untuk masyarakat diimbau untuk mulai meninggalkan cara-cara yang merusak alam dalam mengambil ikan, salah satunya mungkin menghindari menggunakan racun atau menggunakan alat-alat listrik ya. Sehingga merusak biota-biota kita yang ada di alam. Kita bisa melestarikan untuk anak cucu kita,” ungkap Dodit.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 1.000 benih ikan dari berbagai jenis, seperti ikan tawes, nila, dan nilem, dilepaskan ke Kali Babakan. Proses penebaran benih ikan dilakukan secara simbolis oleh Camat Pamijahan dan Ketua JFI, diikuti oleh peserta lainnya.

Selain aksi tebar benih ikan, acara ini juga diisi dengan edukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan sungai dan dampak positif dari penebaran benih ikan bagi ekosistem perairan yang disampaikan oleh perwakilan dari Dinas Perikanan Kabupaten Bogor.
(Rdy)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya