banner atas

Hujan Deras Melanda Kawasan Puncak Bogor, Satu Rumah Rusak Tertimpa Longsor

portalpa - Senin, 27 Mei 2024 | 02:55 WIB

IMG-20240525-WA0006

CIAWI,Portalpasundan– Hujan yang mengguyur kawasan Puncak sejak sore hingga malam kemarin mengakibatkan tebing setinggi 7 meter longsor di Kampung Caringin RT 002 RW 3 Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, pada Jumat (24/5/2024)

Peristiwa longsor ini terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, hanya satu rumah mengalami kerusakan dibagian dingding belakang.

Pemilik rumah terdampak longsor, Ape menuturkan, setelah hampir seharian diguyur hujan, sekira tengah malam terdengar suara gemuruh dari belakang rumahnya. Tak lama suara tersebut, suara tanah ambruk.

“Pas dilihat belakang rumah tertimpa tanah, tembok ambruk,” ucap Ape Selanjutnya, Ape pun melaporkan kejadian tersebut ke RT setempat,”Saya lapor tanah dibelakang rumahnya longsor,” terangnya

Sementara, Kapolsek Ciawi, Kompol Agus Hidayat mengatakan, setelah kejadiam longsor tadi malam, pihaknya bersama perangkat desa, beserta RT dan RW setempat mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pengecekan dan Penanggulangan lebih lanjut.

“Saat ke lokasi tanah longsor, satu rumah yang berada persis dibelakangnya mengalami kerusakan dibagian dapur dan kamar mandi,” kata Kompol Agus kepada wartawan, Sabtu (25/5/2026)

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, material longsoran tanah menyebabkan kerusakan pada area belakang rumah dengan ukuran longsor mencapai 7 x 7 meter.

“Petugas yang berada di lokasi langsung mengamankan area longsor dan bersama warga setempat melakukan pembersihan dan perapihan tanah longsor,” bebernya

Atas kejadian ini, ia menghimbau warga agar tetap waspada terhadap potensi bencana alam lainnya, mengingat curah hujan yang masih cukup tinggi di wilayah tersebut.

“Kami meminta warga untuk selalu berhati-hati dan melaporkan segera jika terjadi hal-hal yang mencurigakan terkait kondisi tanah dan cuaca,” tandasnya. (YS)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini