banner atas

Duit Dana Desa Cibodas Rp324 Juta Raib Dirampok

portalpa - Rabu, 26 Juni 2024 | 15:34 WIB

IMG-20240626-WA0021

RUMPIN, PortalPasundan.com – Aksi perampokan dengan modus pecah kaca terjadi di Kampung Leuwipeso RT 03/01, Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Selasa (24/6/2024) pukul 12.30 WIB. Uang Dana Desa (DD) milik Pemerintah Desa Cibodas Rp324 juta raib digondol perampok.

Kapolsek Rumpin, AKP Sumijo, membenarkan kejadian tersebut. Anggota Polsek Rumpin bersama Tim Inafis Polres Bogor telah mengecek tempat kejadian perkara (TKP) pencurian uang dengan modus pecah kaca di dalam Mobil Honda CRV dengan Nomor Polisi B1553VJB.

“Yang hilang uang sebesar Rp324 juta,1 buah laptop, 25 kartu ATM Bank BJB milik para guru ngaji, 9 kartu ATM Bank BJB milik perangkat staf desa serta 1 alat token transfer aplikasi IBC Bank BJB,” ujar AKP Sumijo.

Kapolsek juga membenarkan uang yang dicuri tersebut adalah uang milik Pemdes Desa Cibodas. ‘Uang Dana Desa berada dalam tas laptop dan diletakkan disimpan di bawah jok mobil,” ujarnya.

Pihak kepolisian juga telah memeriksa sejumlah pihak terkait kasus tersebut. “Dari hasil pemeriksaan pihak Kepolisian Polsek Rumpin, kejadian bermula saat Andriawan selaku Bendahara Desa Cibodas bersama Rendi Lesmana (Ketua TPK) selesai mengambil uang Dana Desa di Bank Mandiri Cabang Leuwiliang dalam perjalanan pulang sempat mengalami gangguan pada ban belakang kiri mobil bocor. Kemudian mereka berhenti,” kata Sumijo.

Setelah diperiksa, sambung Sumijo, ada ban yang robek dan mengganti ban terlebih dahulu. Setelah itu melanjutkan perjalanan lagi dan mereka berkomunikasi dengan Kades Cibodas perihal pengambilan uang Dana Desa.

Dalam komunikasi tersebut, Kades mengatakan sedang mengontrol lokasi pengerjaan pengerasan aspal jalan di lingkungan Kampung Leuwipeso. Kedua stafnya kemudian menemui kades.

“Setiba di lokasi, Andriawan menghampiri kades yang sedang mengontrol dengan pelaksana pengerjaan pengaspalan jalan. Sedangkan Rendi Lesmana masih berada di mobil. Lalu Rendi Lesmana juga meninggalkan mobil untuk meminta kunci mobil kades. Namun ketika kembali lagi terlihat kaca depan mobil sebelah kanan pinggir supir sudah pecah serta tas yang berisi uang yang berada di bawah dashboard sudah hilang tidak ada di tempatnya,” paparnya.

Sesuai perencanaan uang DD Rp324 juta tersebut akan dialokasikan untuk pengerjaan pengaspalan jalan Kampung Leuwipeso Desa Cibodas.
(MY)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini