banner atas

DLH Akan Bongkar TPS di Sepanjang Jalan Raya Puncak

portalpa - Senin, 8 Juli 2024 | 17:29 WIB

Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah di bibir Jalan Raya Puncak.
Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah di bibir Jalan Raya Puncak.

CIAWI, PortalPasundan.com – Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sampah Wilayah II Ciawi berencana membongkar semua Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di sepanjang jalur Puncak.

Penutupan TPS di bibir Jalan Raya Puncak ini sebagai upaya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menata kawasan Puncak sebagai kawasan wisata yang bersih dan sejuk. Di samping itu, TPS-TPS tersebut yang selama ini menjadi sasaran pembuangan sampah liar.

Kepala UPT Pengelolaan Sampah Wilayah II Ciawi, Doni Romadoni, mengatakan, sebelum pembongkaran dilakukan pihak DLH akan mengadakan sosialisasi dengan kecamatan, desa, RT, dan RW.

“Pengolahan sampah ke depan harus dikelola dan dipilah agar bermanfaat. Ini memberikan tanggung jawab kepada semua pihak,” kata Doni Romadoni, Senin (8/7/2024).

Sampah bukan hanya masalah DLH, tetapi tanggung jawab bersama seluruh masyarakat di wilayah Puncak jalur selatan, kata dia.

Doni menjelaskan, semua pemimpin wilayah, seperti RT, RW, desa, kelurahan, atau kecamatan, diimbau untuk mengajak warganya tidak membuang sampah sembarangan. DLH siap menampung, menjemput sampah warga dan memberikan pelayanan yang memadai.

“Pengelolaan sampah akan dilakukan secara terjadwal, sehingga tidak ada lagi sampah yang dibuang sembarangan seperti sekarang. Sampah rumah tangga harus dikelola dengan memisahkan basah dan kering yang bisa didaur ulang. Hal ini harus disosialisasikan kepada warga. Ini masalah bersama, bukan hanya tugas DLH. Media dan para tokoh berperan penting dalam menyampaikan informasi,” paparnya.
(YS)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya