banner atas

DKM Masjid Jami Al-Barokah dan Kades Cimanggu Dua Bagikan Daging Kurban

portalpa - Senin, 17 Juni 2024 | 18:02 WIB

IMG-20240617-WA0042

CIBUNGBULANG, PortalPasundan.com – Pengurus Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Mesjid Jami Al-Barokah bersama Kepala Desa dan tokoh masyarakat Desa Cimanggu Dua, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, kompak menyembelih dan menyalurkan daging hewan kurban kepada warganya.

Penyembelihan dan penyaluran daging hewan kurban dilaksanakan setelah shalat Idul Adha bersama di Masjid Al-Barokah Kampung Cimanggu RT 04 RW 08, Desa Cimanggu Dua, Senin (17/6/2024).

“Kami selaku panitia dan pengurus hewan kurban sangat mengapresiasi pada warga sekitar yang ikut serta dan begitu antusias untuk menyalurkan hewan jurban,” ujar Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban, H Zulkifli.

Menurut H Zulkifli, kegiatan itu juga sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya pada saat perayaan Hari Raya Idul Adha. “Alhamdulillah kegiatan ini rutin kami laksanakan tiap tahun, karena dari puluhan tahun sebelumnya giat ini sudah sering dilaksanakan,” katanya.

Ia juga menyampaikan, penyaluran hewan kurban tersebut juga dilaksanakan di beberapa RW yang ada di Kampung Cimanggu, Desa Cimanggu Dua.

“Alhamdulillah penyembelihan hewan kurban ini untuk di Dusun 1 Kampung Cimanggu ada di 5 RW. Salah satunya di DKM Masjid Al-Barokah dan Mushalla Al-Ikhlas,” terangnya.

Zulkifli menyampaikan, di DKM Masjid Al-Barokah terkumpul hewan kurban 2 ekor sapi dan 18 ekor kambing. Sementara di Mushalla Al-Ikhlas 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing. Sedangkan di Mesjid Nurul Iman 21 ekor kambing.

“Selain itu kita juga ada penyembelihan hewan kurban di Perumahan Perumnas Dramaga sebanyak 16 ekor kambing dan 1 ekor sapi,” terangnya.

“Alhamdulillah kegiatan ini kita kerja sama dengan para tokoh masyarakat, aparatur pemerintahan setempat dan juga dibantu oleh warga sekitar secara sukarela untuk sama sama mengerjakan penyembelihan dan penyalurannya,” paparnya.

Ketua DKM Masjid Al-Barokah H. Rifki mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur maupun warga sekitar yang telah menyalurkan hewan kurban.

Dikemukakannya, makna dari penyembelihan hewan kurban ini adalah pendidikan dan pengorbanan di mana kita dididik untuk berkorban. Sebagaimana Nabi Ibrahim AS berkurban untuk menyembelih putranya tercinta dan Nabi Ismail AS menyerahkan dirinya dengan ikhlas.

“Alhamdulillah ibadah kurban yang baru saja kita laksanakan, yaitu di dalamnya ada pendidikan pengorbanan yang luar biasa. Artinya Allah mendidik hamba hambanya dalam rangka untuk memperoleh ridho Allah jangan pernah ragu untuk berkurban apapun yang kita miliki,” terangnya.

Karena, sambung Rifki, agama Islam adalah agama pengorbanan. “Jangan mimpi Islam akan jaya, akan tegak kalau umatnya tidak mau berkorban. Jangan mimpi perintah-perintah Allah bisa kita laksanakan kalau kita mau berkorban,” imbuhnya.

Ia berharap dari peristiwa Idul Adha ini mendapatkan pelajaran yaitu dimana Nabi Ibrahim menunjukkan totalitas keimanan kepada Allah yang mempunyai iman tanpa keraguan.
(Rdy)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Alun-Alun Kota Bogor Tutup Sampai 6 Agustus 2024

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH