banner-atas

Diguyur Hujan Deras Sungai Cidangdeur Meluap, Puluhan Rumah Terendam 

portalpa - Jumat, 17 Mei 2024 | 13:48 WIB

IMG-20240517-WA0013

CIGUDEG, Portalpasundan– Sungai kali Cidangdeur meluap, sebabkan puluhan rumah warga terendam banjir. Hal itu akibat Intensitas hujan tinggi. pada, Kamis (16/05/2024).

Warga yang terkena dampak di Kampung Kadaung, Desa Rengasjajar, Cigudeg, Kabupaten Bogor, sempat mengungsi. Beruntung air dapat surut setelah hujan berhenti sekitar pukul 23.00 wib.

Dalam rekaman amatir warga sungai tersebut hampir menggerus jembatan penyebrangan. Air juga menutup jalan setinggi lutut orang dewasa.

Sungai tersebut bukan pertama kalinya meluap, setiap hujan deras yang cukup lama membuat warga sekitar merasa khawatir.

“Banjir setiap tahun ini pasti selalu terjadi dan merugikan kami yang terdampak, apalagi dikala hujan tiba kami was was akan banjir luapan yang masuk ke dalam rumah, ” Kata Olih, Salah satu warga.

Kata dia, kali tersebut semakin dangkal dan adanya bendungan yang difungsikan untuk pengairan persawahan di wilayah Kampung Kadaung Desa Rengasjajar dan persawahan di Desa Batujajar diduga menjadi penyebab luapan air masuk ke permukiman warga.

‘Kami berharap kepada pihak terkait agar segera dibangunkan turap atau tanggul penahan tanah (TPT) di area rawan banjir,” Pintanya.

Sementara itu, Relawan PMI Kabupaten Bogor yang mendapat informasi terkait bencana banjir tersebut langsung bergegas untuk mengumpulkan informasi terkait data jumlah kepala keluarga yang terdampak banjir.

Sebelumnya, tiga tahun lalu tepatnya pada bulan Mei 2021, wilayah tersebut juga mengalami banjir bandang, bahkan pada waktu itu beberapa rumah hancur porak poranda diterjang banjir. (Rdy)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini