banner-atas

Cold Milling Solusi Jalan Bergelombang di Kota Bogor

portalpa - Senin, 10 Juni 2024 | 16:17 WIB

IMG-20240610-WA0051

KOTA BOGOR, PortalPasundan.com – Banyaknya jalan bergelombang di sejumlah ruas di Kota Bogor mengakibatkan kemacetan dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor berjanji bakal memperbaiki seluruh ruas jalan yang bergelombang di Kota Bogor dalam beberapa waktu ke depan.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina, menjelaskan, metode penanganan jalan bergelombang yang dilakukan pihaknya kali ini berbeda dari waktu sebelumnya.

Mereka tak lagi menggunakan metode penambalan (patching) layaknya penanganan jalan berlubang, melainkan dengan pengerukan atau pengupasan (cold milling) dan penghamparan ulang aspal.

“Perlakuan jalan berlubang dengan bergelombang itu berbeda. Kalau jalan berlubang luasannya terbatas, sementara jalan bergelombang ini cenderung lebih luas dan panjang,” ujarnya kepada wartawan, senin (10/6/2024).

Perbaikan ini dilakukan mereka dengan alat cold milling baru yang telah diajukan sejak 2023 lalu dan tiba di Kota Bogor pada Bulan April 2024.

Alat senilai Rp3,2 miliar ini diklaim Rena bisa menangani masalah jalan berlubang dengan lebih efektif dari sisi tenaga, waktu, dan biaya.

“Kalau perbaikan dengan cara manual untuk ukuran 4 kali 6 meter bisa dilakukan dalam 1 hari. Kalau dengan mesin ini jalan sepanjang 200 meter bisa kami tangani dalam 1 minggu,” ujarnya.

Jalan bergelombang sepanjang 200 meter di bilangan Ahmad Yani pun menjadi target pertama yang mereka perbaiki.

Selanjutnya mereka akan menyasar jalan bergelombang lain yang kerap dikeluhkan warga seperti di Jalan Kapten Muslihat, Jalan Veteran, Jalan Dadali, Akses Exit Tol Jagorawi, dan Tanjakan Sarijan secara bertahap

“Jalan Ahmad Yani ini juga menjadi tempat kami belajar pengoperasian alat baru ini. Insya Allah ke depan pekerjaan akan lebih cepat dari yang sekarang,” janjinya.
(Punk)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini