banner atas

Cimanggu Dua Wakili Cibungbulang sebagai Desa Percontohan BBGRM XXI

portalpa - Senin, 8 Juli 2024 | 21:03 WIB

IMG-20240708-WA0028

CIBUNGBULANG, PortalPasundan.com – Dari 15 desa yang ada di Kecamatan Cibungbulang, Desa Cimanggu Dua ditunjuk sebagai desa percontohan dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2024.

Kepala Desa Cimanggu Dua, Edi Sukarya, dalam rangka program ini dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.

“Monev meliputi empat bidang, yaitu bidang kemasyarakatan, sosial budaya, ekonomi (UMKM), dan program ketahanan pangan,” katanya, Senin (8/07/2024).

Menurut Edi, melalui program BBGRM ini merupakan motivasi bagi desa dan masyarakat untuk menggerakkan kembali budaya gotong royong yang selama ini mulai menurun.

“Jadi dengan adanya program BBGRM ini untuk menghidupkan kembali jiwa sosial dan menumbuhkembangkan perekonomian warga melalui UMKM maupun kelompok-kelompok usaha kecil, baik di PKK dan kelompok tani yang tersebar di wilayah Desa Cimanggu Dua ini,” katanya.

Khusus di sektor UMKM, Desa Cimanggu Dua memiliki unggulan khas Oncom Hideung. Sampai sekarang produknya masih berjalan. “Jadi bahan bakunya dari oncom hideung. Nama produknya Nucida, Nugget Cimanggu Dua dan juga Keripik Tempe. Oncom Hideung itu sudah berjalan selama puluhan tahun, bahkan sebelum saya lahir juga itu sudah ada. Lokasinya di Kampung Cisaeur RT 07 RW 04 dan Kampung Cibungbulang RT 01 RW 09,” jelasnya.
(Rdy)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini