banner atas

Biar Semakin Maju, Koperasi Didorong Siap Bertransformasi

portalpa - Kamis, 11 Juli 2024 | 11:01 WIB

Aj6Fr3bJVf (1)

Jakarta, PortalPasundan.com-Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) berharap koperasi menjadi pilar utama dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang bisa mewujudkan kesejahteraan anggotanya. Koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional diharapkan mendukung pemberdayaan menuju Koperasi Maju Indonesia Emas.

Ketua Umum Inkowapi Sharmila Yahya mengatakan, keinginan Inkowapi untuk membangkitkan visi, misi dan peran Bapak Koperasi Indonesia Bung Hatta dan mantan Menteri Koperasi Indonesia Bustanil Arifin dalam menggerakkan koperasi sebagai swadaya meningkatkan potensi ekonomi hingga ke tingkat pedesaan.

“Kami mendorong koperasi di seluruh daerah berkembang dalam modernisasi dan bertransformasi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Salah satu kuncinya adalah sinergitas dan integrasi koperasi dengan berbagai elemen finansial,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, 9 Juli 2024.

Hingga Juni 2024, Inkowapi tercatat telah memfasilitasi sebanyak 300 ribu posko pangan dalam sektor permodalan. Menurut Founder Sahabat Usaha Rakyat (Sahara) ini, permodalan menjadi penting dalam mendorong kelangsungan dan keberlanjutan koperasi.

“Di era modern ini koperasi harus berkembang sebagai elemen pendidikan, pelatihan serta pemasaran. Termasuk menjadi penyedia permodalan bagi sektor usaha-usaha mikro dan kecil demi kesuksesan bisnis anggotanya,” ujar dia.

Demi kejayaan koperasi Indonesia di masa mendatang, Ketua Komite Tetap Kewirausahaan Kadin Indonesia ini mengusulkan agar pemerintahan selanjutnya menunjuk seorang menteri yang memiliki figur dari gerakan koperasi. Tujuannya agar koperasi bisa mendukung Indonesia Emas 2045.

“Koperasi harus memiliki andil besar dalam target mencapai Indonesia Emas 2045. Upaya tersebut bisa terwujud ketika sosok pemimpinnya juga memiliki spirit yang sama,” ungkapnya.

Telah tayang di medcom.id

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya