banner atas

Begini Solusi Ade Wardhana Atasi Pengangguran di Kabupaten Bogor

portalpa - Rabu, 19 Juni 2024 | 07:03 WIB

IMG-20240618-WA0041

BOGOR, PortalPasundan.com — Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah dengan potensi ekonomi yang besar di Indonesia. Selain kaya dengan sumber daya alam, jumlah penduduknya juga menjadi yang terbesar di seluruh Indonesia.

Hal itulah yang berusaha dimaksimalkan bakal calon bupati (Bacabup) Bogor, Ade Wardhana Adinata. Apalagi, jumlah penduduk Kabupaten Bogor telah mencapai angka 5,56 juta jiwa.

Populasi yang sangat jumbo itu seharusnya menjadi “kekuatan” bagi kabupaten berjuluk Bumi Tegar Beriman. Bukan justru menjadi kelemahan yang menjadi akar persoalan pengangguran tinggi.

“Namun, tantangan dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang memadai tetap menjadi masalah utama. Pertumbuhan penduduk yang pesat dan kebutuhan akan pekerjaan yang layak memerlukan solusi yang efektif dan berkelanjutan dari pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sebagai Bakal Calon Bupati Bogor, ia pun menawarkan beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Perlu pendekatan yang komprehensif dan terintegrasi untuk mengatasi masalah itu. Tentu saja, solusinya bisa lewat peningkatan pendidikan dan pelatihan, pengembangan industri lokal, perbaikan infrastruktur, promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, serta kolaborasi dengan sektor swasta dan lembaga pendidikan,” papar dosen eksternal IPB University ini.

Lelaki yang juga pebisnis dan eksportir ini menilai, strategi di atas bisa menjadi jalan keluar dalam menghadapi pengangguran di Kabupaten Bogor.

Ia mencontohkan, pengembangan industri lokal bisa dengan menarik investasi dari dalam maupun luar negeri. Sebagai seorang eksportir, Ade Wardhana sudah khatam dengan sektor-sektor potensial yang bisa dibawa ke mancanegara.

“Kita juga tidak bisa melepas dukungan untuk UMKM dalam pengembangan industri ini. Dukungan itu tentu bisa melalui akses kredit yang mudah, pelatihan bisnis, dan bantuan pemasaran. Pastinya pengembangan produk lokal akan memiliki nilai tambah tinggi,” tekan pria yang akrab disapa Kang Ade ini.

Tentu saja, kata dia, kebijakan dan regulasi yang tepat akan memastikan bahwa semua upaya ini dapat berjalan dengan efektif dan berkelanjutan.

“Dengan langkah-langkah tersebut, Kabupaten Bogor dapat menghadapi masa depan dengan optimisme dan keyakinan akan kemajuan yang signifikan,” tukas Kang Ade.

Seperti diketahui, Ade Wardhana memutuskan untuk ikut meramaikan bursa Pilkada 2024 di Kabupaten Bogor. Sebagai kandidat termuda, ia percaya dengan pengembangan ekonomi yang akan diusungnya.

Ade Wardhana telah mendaftar di sejumlah partai politik (parpol) untuk memuluskan langkahnya menuju kursi 01 Kabupaten Bogor.

Pengalaman politiknya juga tidak sedikit, lantaran pernah mengenyam jabatan sebagai Ketua DPW Perindo Provinsi Jawa Barat, 2016 silam. Ia kemudian maju sebagai calon bupati melalui jalur independen pada kontestasi Pilkada 2018.

Kali ini, ia kembali dengan wajah dan strategi baru. Ade Wardhana percaya diri dengan slogannya NgahADEkeun, yang sejalan dengan tujuannya membenahi dan memperbaiki tempatnya lahir, Kabupaten Bogor.
(MUL)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya