banner atas

BBGRM Desa Tegal Siap Ciptakan Lingkungan Unggul Tangguh

portalpa - Senin, 27 Mei 2024 | 03:11 WIB

IMG-20240527-WA0004

KEMANG,Portalpasundan – Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), ke 21, diharapkan upaya untuk menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Seperti di Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor melalui BBGRM bisa terwujud lingkungan yang unggul.

Kepala Desa Tegal Omat Jayadihati mengatakan. Gotong royong merupakan modal sosial yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, menggambarkan adanya proses bekerja bersama-sama saling berbagi peran dan tugas secara bersama sebagai bagian dari pemberdayaan diri secara kolektif.

“Bakti gotong royong ke-21 di Desa Tegal dilaksanakan di tiga titik pertama di RW 14 di wilayah perumahan Bogor Kemang Residence, kemudian titik kedua di RW 03 dan RW 04, di Rw 14 itu dilakukan pengerjaan bersih-bersih saluran air sepanjang 300 meter,” ujarnya, Minggu (26/5/24).

Masih kata Kang Omat sapaan akrabnya, kemudian pembuatan tanggul dalam antisipasi banjir, yang biasa melanda warga perumahan Bogor Kemang Residence pada saat hujan deras, kemudian di wilayah RW 3 itu dilakukan perbaikan jalan.

“Perbaikan jalan – jalan yang becek yang berlubang itu di lakukan perbaikan dengan anggaran hasil swadaya masyarakat sebesar Rp30 juta rupiah, dan untuk di RW 04 dilakukan bersih-bersih Jalan Desa sepanjang kurang lebih 300 meter,” paparnya.

Alhamdulillah lanjut kang Omat, kegiatan bulan Bakti gotong royong ini sangat antusias disambut baik oleh warga masyarakat Desa Tegal terutama yang dilakukan kegiatan bulan Bakti gotong royong, warga sangat antusias bukan hanya Tenaga pikiran bahkan warga rela memberikan Swadaya sampai puluhan juta untuk perbaikan dan kesuksesan kegiatan tersebut.

“Kemudian perlu diketahui bahwa gotong royong di Desa Tegal itu sudah tumbuh dari jauh-jauh hari, jadi bukan hanya ketika program bulan Bakti saja masyarakat bergotong-royong tetapi semua wilayah di Desa Tegal di RT dan RW masing-masing, yang ada di Desa Tegal itu senantiasa melakukan kerja bakti kerja gotong royong pada hari Minggu dikenal dengan sebutan dengan program Minggu bersih, Alhamdulillah semua RT melakukan kegiatan minggu bersih setiap minggu satu minggu sekali” bebernya.(My)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini