banner-atas

Babinsa-Babinmas Banpol Desa Kompak Awasi Penghuni Kontrakan di Desa Jampang-Bogor

portalpa - Jumat, 7 Juni 2024 | 15:29 WIB

IMG-20240607-WA0008

KEMANG, PortalPasundan.com – Babinmas, Babinsa, dan tenaga bantuan polisi (Banpol) mengawasi ketat penghuni kontrakan di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Ini dilakukan mengantisipasi adanya penyalahgunaan kontrakan oleh penghuni.

Binmas Desa Jampang, Bripka Arif AR mengatakan, setiap Babinkamtibmas Polsek Kemang Polres Bogor harus mengunjungi rumah kontrakan atau tempat kost setiap harinya. Untuk mencegah pelanggaran yang terjadi di kontrakan dan kos-kostan.

“Kegiatan ini saya bersama Babinsa dan Banpol mendatangi kontrakan dan mengecek semua administrasinya seperti KTP. Kegiatan ini juga mencegah kontrakan dijadikan tempat kumpul anak muda yang mengarah ke kejahatan,” ujarnya, Jumat (7/6/2024).

Bripka Arif menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendataan terhadap penghuni rumah kontrakan atau tempat kost yang dikunjunginya. Kemudian, memberikan pengarahan agar bila ada tamu atau penghuni kontrakan yang mencurigakan agar segera menghubungi petugas.

“Kerena yang paling tahu kondisi di sekitar kontrakan ya mereka, jadi mereka harus ikut berperan serta untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman,” paparnya.

Menurutnya, gerakan tersebut dinilai sangat efektif menekan angka kriminal di lingkungan kontrakan, dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa dilakukan di tempat kost atau kontrakan.

“Kalau ada hal seperti itu seperti berkumpulnya anak muda atau lainnya bisa segera dilaporkan. Karena kami petugas juga bukan paranormal yang tahu di mana kegiatan seperti itu. Maka dari itu masyarakat harus menjadi pengawas di lingkungannya masing-masing,” tutup Arif.
(MY)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini