banner atas

Babakan Madang Tawarkan Objek Wisata Alam Unggulan

portalpa - Sabtu, 22 Juni 2024 | 19:47 WIB

IMG-20240622-WA0009

BABAKAN MADANG, PortalPasundan.com – Memiliki potensi alam yang mumpuni, wajar saja jika Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, didorong menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Bogor selain Puncak, Kecamatan Cisarua.

Camat Babakan Madang, Aden Mamun Nawawi, mengatakan, ada sejumlah destinasi wisata alam unggulan yang ada di dua desa, di antaranya Desa Karang Tengah dengan Curug Leuwihejo, Leuwi Kunten, dan Leuwi Asih, serta di Desa Bojong Koneng dengan Curug Bidadarinya.

Dengan adanya objek wisata alam di desa tersebut, bermunculan pula fasilitas penunjang wisatawan seperti restoran, cafe dan hotel.

“Iya kita memang punya potensi alam sangat luar biasa, belum lagi wisata buatan, kita ada Jungleland, terus ada taman budaya di Sentul, ini yang menjadi Babakan Madang jadi daya tarik wisata,” ujar Aden.

Infrastruktur ke lokasi objek wisata sudah hampir baik. Namun ada beberapa masih perlu perbaikan. Ia berharap, Pemkab melalui DPUPR bisa memperbaiki kerusakan jalan akses wisata.

“Sebagian infrastruktur menuju tempat wisata sudah hampir baik, tapi seperti di Bojong Koneng ada sedikit ruas masih banyak kerusakan,” ucapnya.

Ia menambahkan, secara akses, Kecamatan Babakan Madang lebih dekat dari Jakarta dan bebas macet daripada harus ke Puncak. “Kalau dari arah Jakarta tinggal keluar Tol Sentul, dan tidak macet lagi,” terangnya.

Alam di Babakan Madang tidak jauh berbeda dengan kawasan Puncak Cisarua, sama-sama dikelilingi perbukitan yang barang tentu cuacanya menyegarkan.

Sebelumnya, Jungleland Sentul di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang menjadi kunjungan wisata favorit pada libur Lebaran Idul Adha beberapa waktu lalu.

Markom Jungleland Sentul, Grace mengatakan, pada high season kemarin memang kunjungan wisatawan ke Jungleland lumayan tinggi.

Wahana yang paling banyak menjadi pilihan wisatawan atau favorit masih Ferrish Wheel dan Extrem Air Race.

“Ya kedua wahana ini mampu menyedot pengunjung ke Jungleland Sentul,” ujar Grace.

Rata-rata pengunjung di libur lebaran ke Jungleland masih di dominasi wisatawan Jakarta-Bogor-Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Karena jarak dan akses ke Jungleland Sentul ini lebih dekat dan tidak macet, makanya mereka wisatawan lebih memilih Jungleland untuk menghabiskan masa liburannya,” tandasnya.
(YS)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini