banner atas

Akses Jalan Malasari Kembali Normal, Polsek Koramil dan Warga Nanggung Evakuasi Longsor

portalpa - Kamis, 13 Juni 2024 | 18:15 WIB

IMG-20240613-WA0027

NANGGUNG, PortalPasundan.com – Akses jalan di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, kembali normal. Aparat Polsek Nanggung, Koramil, Pemdes beserta warga bergotong royong melakukan evakuasi longsoran tanah yang menutupi jalan penghubung dua kampung.

Seperti diberitakan, longsor terjadi pada Rabu petang tgl 12 Juni 2024 pukul 16.00 WIB. Bencana alam tersebut akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi sehingga akses jalan di Kampung Kopo I dan Kampung Kopo II tepatnya di RT 004/003 tertutup material longsor.

Kapolsek Nanggung, AKP Ade Kamsa, menjelaskan longsoran tanah berasal dari sawah milik seorang warga bernama Udin. Tebingan dengan ketinggian sekitar 50 meter, menutupi akses jalan desa dengan ketebalan sekitar 1 meter dan panjang 10 meter.

Akibatnya, akses jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya kerusakan materil pada sawah milik warga.

“Evakuasi tanah longsor dilakukan oleh warga sekitar sebanyak 100 orang dengan menggunakan alat manual. Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dan selesai pada pukul 10.00 WIB, sehingga akses jalan kembali bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat,” terang AKP Ade Kamsa, Kamis pagi (13/06/2024).

“Peristiwa ini mengingatkan kita akan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam, terutama di daerah-daerah yang rawan longsor. Pihak berwenang mengimbau warga untuk selalu berhati-hati dan melaporkan segera jika terjadi kondisi yang berpotensi menimbulkan bahaya,” tutupnya.
(Rdy)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini