banner atas

Akademi Cikeas Cetak Generasi Milenial Melek Digital

portalpa - Sabtu, 15 Juni 2024 | 14:20 WIB

Pelatihan Akademi Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.
Pelatihan Akademi Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

SUKARAJA, PortalPasundan.com – Pemerintah Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, menyelenggarakan pelatihan edukasi sistem digital. Kegiatan bernama Pelatihan Akademi Cikeas 2024 ini dihelat di Aula Kantor Desa Cikeas, Sabtu (15/6/2024).

Pelatihan ini dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang cerdas dan mandiri dengan menciptakan generasi milenial cerdas melek teknologi digital.

“Ya, ini adalah Akademi Cikeas yang merupakan tahun kedua. Tahun pertama merupakan perkenalan di bidang internet dan tahun kedua ini jadi pengembangan dari basic skill computer. Sekarang sudah ke pengembangan yang tingkat lanjut,” ujar Ketua Panitia, Hasan Sadili.

Pada pelatihan Akademi Cikeas tahun kedua ini, warga Desa Cikeas yang menjadi peserta mendapat pelatihan program website berbasis CMS WordPress, desain grafis berbasis canva, dan email dan internet, kemudian belajar aplikasi AI (Artificial Intelligence).

“Untuk pesertanya sendiri ada dari perwakilan RT, ada dari perwakilan Linmas, ada juga dari kelembagaan desa, serta generasi milenial. Warga Cikeas diharapkan dengan pelatihan Akademi Cikeas ini bisa mengadopsi teknologi informasi yang diajarkan oleh para ahli di bidangnya,” ungkap Hasan Sadili.

Salah satu peserta Akademi Cikeas 2024, Salma (19), mengaku sangat senang mengikuti pelatihan tersebut. “Alhamdulillah hari ini sampai minggu depan saya bisa mengikuti pelatihan di Akademi Cikeas. Selain banyak teman, kegiatan seperti ini menambah pengetahuan saya di bidang teknologi digital seperti belajar website desain grafis canva serta belajar AI yang katanya bisa membatu mempermudah berkreasi dan berkarya di bidang informasi digital,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cikeas, Ervan Sulaeman, menambahkan, pelatihan Akademi Cikeas 2024 bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) sebesar 20 persen. Melalui pelatihan ini diharapkan ke depan generasi penerus di Desa Cikeas bisa berkembang dengan karyanya dan bisa bersaing di dunia kerja.

“Alhamdulillah acara Akademi Cikeas terselenggara kembali. Ini tahun kedua kita laksanakan. Semoga ke depan generasi muda Desa Cikeas bisa berkembang memajukan Desa Cikeas, bisa menjadi desa digital dengan mengikuti perkembangan zaman,” harapnya.
(punk)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya