banner atas

270 Ha Lahan Eks PT HI Dibagikan untuk Penggarap dan Fasos Fasum

portalpa - Jumat, 14 Juni 2024 | 17:50 WIB

Lahan eks HGU PT HI di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.
Lahan eks HGU PT HI di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

NANGGUNG, PortalPasundan.com – Lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PT HI Indonesia seluas 270 hektar (HA) di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, bakal dibagikan untuk 1.500 penggarap di tiga desa, fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos fasum), fasum desa, dan fasum Pemkab Bogor.
Saat ini, status pengurusan lahan tersebut sedang ditindaklanjuti oleh Pemkab Bogor dengan membentuk tim inventarisir dan pemetaan bidang untuk penggarap di tiga desa. Yaitu Desa Cisarua, Curug Bitung, dan Desa Nanggung.

Pemerintah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, berjanji akan terus mengawal proses lahan eks PT HI Indonesia tersebut. “Total lahan itu ada 270 haktar di tiga desa. Desa Cisarua, Nanggung, dan Desa Curug Bitung. Totalnya ada 1.500 warga penggarap,” terang Camat Nanggung, Ae Saefullah, Kamis (13/6/2024).

Ae Saefullah menuturkan, Pemkab Bogor sedang mengusulkan ke Kementerian ATR/BPN di mana nantinya dari 270 ha itu akan dibagikan untuk empat kategori. Yaitu penggarap, fasos fasum, fasum desa, dan fasum Pemkab Bogor.

“Kurang lebih sudah 14 tahun warga menggarap lahan tersebut. Mudah-mudahan bisa secepatnya terealisasikan,” pungkasnya.
(Rdy)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya