banner atas

Pemkot Depok Periksa Kesehatan 25.426 Hewan Kurban

portalpa - Minggu, 16 Juni 2024 | 14:45 WIB

IMG-20240616-WA0002

DEPOK, PortalPasundan.com – Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, gencar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Pemeriksaan dilakukan terhadap 25.426 ekor hewan kurban di 11 kecamatan se-Kota Depok.

Salah satu pusat pemeriksaan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Lembu Mulyo, di Jalan Raya Tapos, Kota Depok.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan sejak hewan-hewan kurban tersebut tiba di Kota Depok. Selain kesehatannya diperiksa juga jaminan kehalalannya untuk dikonsumsi. Pemeriksaan dilakukan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian serta Mahasiswa Kedokteran IPB.

“Melakukan keliling dengan SDM yang kami miliki bekerjasama dengan Deptan (Kementan), kerja sama dengan IPB, mahasiswa-mahasiswa kedokteran hewan IPB, itu juga mereka turun untuk bisa memeriksa kesehatan hewan dan terjamin supaya layak untuk dijadikan kurban,” jelas Imam, Sabtu (15/6/2024).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani, menjelaskan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berupa kondisi fisik hewan, tidak terdapat cacat, pemeriksaan kaki serta hidung dan mulut yang harus bersih.

“Yang diperiksa pertama kondisi fisik, tubuh istilahnya berdiri tegap, tidak ada cacat, kemudian fisik lainnya mata bersih jernih, hidung juga bersih,” ujar Widyanti.

Meski terdapat sejumlah hewan yang mengalami pilek dan flu yang disebabkan perjalanan jauh hingga tiba di Kota Depok, namun petugas tidak menemukan penyakit PMK dan antraks pada hewan kurban.

Pemeriksaan pun telah dilakukan sejak H-10 Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah terhadap 25.246 hewan kurban yang terdiri dari 10.031 sapi, 10.937 kambing, 4.273 domba, dan 5 kerbau.
(Punk)

Tags
Artikel Terkait
Rekomendasi
Terkini

Kapan Sih Waktu Tidur Yang Sehat?

Mengenal Arlyansyah Timnas U-19

Memahami Doa Miskin Rasulullah

25 Juta Penduduk Masih Miskin

Suporter Tamu Dilarang ke SJH

Angklung Gubrag Bogor Resmi Bersertifikat HAKI

Segudang Manfaat Lidah Buaya